Momentum Bangkitkan Ekonomi Kecil

”Terhadap amanat tersebut, kami telah nyatakan terus menggali serta menggerakan potensi koperasi yang dari tahun 2015 tercatat 2.558 koperasi, yang diantaranya 2.136 berstatus koperasi aktif atau meningkat 2, 34 persen dibandingkan tahun 2014,” sebut Eric.

Selain itu, sambung Eric, koperasi berklasifikasi sehat tercatat 517 koperasi di tahun 2015 atau bertambah 21 koperasi sehat dibandingkan tahun 2014.

”Peningkatan koperasi tersebut, menandakan koperasi di Kota Bandung khususnya pasti akan maju dan bisa mensejahterakan masyarakat,” tukas Eric.

Menyoal anggota Koperasi yang terdata tidak kurang dari sebanyak 550.940 orang dengan aset mencapai sekitar Rp 13, 2 triliun. Dan sisa hasil usaha sekitar Rp 3,2 triliun, dalam pandangan Eric, itu terkoreksi karena gerakan koperasi dapat diandalkan dalam menanggulangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan membantu  pertumbuhan ekonomi kota.

Terkait peringatan hari koperasi yang ke-69, dengan mengambil tema ”Koperasi Mensejahterakan dan Mencerdaskan Anggota Menuju Bandung Juara”. Dijelaskan Eric, kegiatan itu sebagai ajang silaturahim sekaligus melakukan evaluasi, pengembangan etos kerja, dan kinerja yang dilakukan dalam 1 tahun terakhir.

Tujuannya, memberikan motivasi terhadap gerakan koperasi dan mensinergikan usaha kecil menengah di berbagai sektor kegiatan ekonomi guna mensejahterakan dan mencerdaskan koperasi menuju koperasi Bandung Juara.

”Dari itu diharapkan menghasilkan daya saing yang tinggi guna  mewujudkan koperasi yang berkualitas sehat organisasi, sehat usaha, dan permodalan sekaligus mewujudkan masyarakat. Khususnya koperasi Kota Bandung yang mandiri dan berkiprah menghadapi tantangan ekonomi global,” pungkas Eric. (edy/fik)

Tinggalkan Balasan