Rudy’s Kaffee, Berawal dari Seduhan Kopi Habibie

Soda Coffee Cream misalnya. Minuman tersebut dibuat dengan tidak menggunakan kopi yang digiling seketika itu juga. Soda Coffee Cream dibuat dari serbuk ekstrak kopi, cokelat, dan susu. Serbuk-serbuk tersebut dilarutkan dengan air dan es, lalu diberi soda yang dihasilkan melalui syphon.

Itu tak sama dengan penyeduhan kopi pada menu black coffee. Menu yang bukan favorit Rudy’s Kaffee itu dihasilkan melalui penyeduhan manual. Menggunakan alat aeropress dengan perbandingan kopi dan air 1:15.

Untuk mendapatkan takaran yang pas, barista juga menggunakan timbangan digital. Kopi untuk black coffee juga dihasilkan dari biji yang digiling saat pengunjung memesan. Artinya, kopi untuk black coffee bisa dipastikan lebih fresh daripada Soda Coffee Cream.

Rudy’s Kaffee juga menyediakan kopi yang diseduh dengan air dingin atau yang populer dengan istilah cold brew. ”Untuk cold brew, kami menggunakan kopi dari blend dari Jawa. Penyeduhannya 12 jam,” ujar barista Rudy’s Kaffee Feri Azhar Aziz.

Apa yang dilakukan Rudy’s Kaffee itu sebenarnya bukan yang pertama. Sebelumnya, film tentang kehidupan seorang barista, Filosofi Kopi, juga membuat kedai kopi di daerah Blok M Square.

Kedai itu dibuat persis seperti yang ada di dalam cerita film yang didasarkan pada buku karya Dee Lestari tersebut. Hanya, Filosofi Kopi tak menjual kopi sebagai merchandise-nya.

Meskipun bukan yang pertama, semangat Manoj mengangkat kopi dan para petani kopi Indonesia tetap layak untuk diapresiasi. Apalagi jika kelak yang dilakukan Rudy’s Kaffee bisa merebut hati pencinta kopi yang selama ini gemar ke kedai premium penyedia biji kopi dari mancanegara.

Executive Director Sustainable Coffee Platform of Indonesia (Scopi) Veronica Herlina mengungkapkan, yang dilakukan Filosofi Kopi dan Rudy’s Kaffee merupakan hal positif. ”Ini bisa membantu pemasaran kopi Indonesia. Hanya, mereka harus memperhatikan benar-benar kualitas kopi yang digunakan sehingga tak terkesan euforia saja,” ujarnya. (*/c11/ttg/rie)

Tinggalkan Balasan