Siapkan Petugas untuk Bantu Disabilitas

bandungekspres.co.id, SUBANG – Sebanyak 25 orang petugas Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) bagi penyandang disabilitas dikukuhkan di aula Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Subang, kemarin (28/7). Selanjutnya mereka akan ditempatkan di 10 dari 30 kecamatan di Kabupaten Subang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Subang Drs H Yayat Sudrajat MSi mengatakan, sebelum dilantik, puluhan petugas RBM ini telah menjalani pembekalan selama dua hari. Mereka akan ditempatkan sesuai dengan  tempat tinggal masing-masing.

”Selain untuk mendata dan juga memverfikasi. Kami harapkan bisa memotivasi penyandang disabelitas di lingkungannya masing-masing,” ungkap Yayat ditemui Jabar Ekspres usai acara pengukuhan, kemarin.

Masih menurut Yayat, sebanyak 25 petugas yang akan ditempatkan di 10  kecamatan ini merupakan tahap awal. ”Petugas ini memang masih kurang. Tetapi kedepan akan kita tambah hingga tiap desa ada satu orang petugas,” tandasnya.

Dikatakan Yayat, saat ini penyandang disabilitas di Kabupaten Subang tercatat sebanyak 9.102 tersebar di sejumlah daerah. Dari jumlah tersebut, paling banyak penyadang cacat tubuh. Selain itu juga tuna netra, tuna rungu, dan mental.

Sementara itu, Kasi Pemulihan Penyandang Cacat Dinsos Subang, Maman Darusman menambahkan, penyadang cacat tubuh paling banyak terdapat di wilayah Subang selatan. Selain akibat bawaan sejak lahir, cacat tubuh di wilayah Subang selatan disebabkan akibat kecelakaan.

Lanjut Maman, saat ini tak menutup kemungkinan jumlah penyandang cacat jumlahnya mengalami penambahan, atau bahkan berkurang. (bds/din/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan