Jaya Kencana Angels Juarai Turnamen Futsal Putri Asia Tenggara

Jaya Kencana Angels digembleng pada pagi dan sore sembari berpuasa Ramadan. Tim juara di Myanmar akan dimatangkan di turnamen domestik untuk persiapan ke kejuaraan Asia.

SIDIK M. TUALEKA, Jakarta

MAULINA Novryliani mengambil napas dalam-dalam. Jari-jari kedua tangannya terkepal. Matanya juga menatap tajam ke depan. Berupaya keras mematahkan gugup, cemas, serta waswas

Sebab, dialah penendang pertama dalam adu penalti babak final yang menegangkan itu. Kalau dia sampai gagal, mental rekan-rekannya bisa runtuh. Apalagi, Jaya Kencana Angels (JKA), tim yang dibelanya, sebenarnya sudah di ambang juara pada waktu normal sebelum lawan, Khon Kaen FC, menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada detik-detik terakhir.

Waktu seperti berhenti berputar. Maulina berancang-ancang. Satu, dua, tiga, bola pun ditendang keras…dan gol!

”Plong sekali rasanya,” kenang Maulina tentang eksekusi penaltinya pada final AFF (ASEAN Football Federation) Futsal Championship Divisi Putri di Nay Pyi Daw, Myanmar, pada Sabtu lalu (16/7) itu.

Keberhasilan Maulina melesakkan bola ke gawang Khon Kaen yang dikawal Panipa Juijaroen itu langsung memompa konfidensi rekan-rekannya. JKA akhirnya memenangi adu penalti di Sport Complex Indoor Stadium tersebut 5-4 dan menggondol gelar kampiun futsal putri se-Asia Tenggara. ”Bangga sekali rasanya,” kata Maulina yang sehari-hari berprofesi guru di SMA 8 Tangerang Selatan dan SMK Bina Bangsa Cileduk, Jakarta Selatan.

Di tengah kondisi persepakbolaan tanah air yang lebih diramaikan konflik ketimbang prestasi, raihan klub asal Tangerang Selatan tersebut pun seperti menjadi pelepas dahaga. Apalagi, titel dari turnamen yang baru kali kedua dihelat itu direbut di negeri orang. Juga, di tengah minimnya perhatian. ”Ini hasil kerja keras dan pengorbanan kami semua,” kata Maulina.

Jalan tim asuhan Andre Picessa itu menuju gelar memang bisa dibilang terjal. Tak hanya harus mempersiapkan diri saat mayoritas dari ke-14 anggota tim tengah berpuasa Ramadan. Waktu persiapan mereka juga tergolong mepet.

JKA baru memastikan tiket ke kejuaraan tersebut pada 5 Juni. Sebab, mereka berhasil menjuarai Pro Women Futsal League 2016 dengan mengalahkan UPI Bandung di final. Sehari kemudian, mereka mulai libur selama sepekan karena bertepatan dengan awal puasa.

Tinggalkan Balasan