oleh

Mendikbud Apresiasi Peluncuran Bandung Masagi

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengapresiasi kurikulum karakter Bandung Masagi yang diusung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Adanya Bandung Masagi dianggap sebagai terobosan untuk membangun karakter para siswa.

Menurut Mendikbud, Bandung Masagi dirancang secara terstruktur dengan tujuan pembelajaran. ”Maka prosesnya menyenangkan dan di situ bisa digunakan untuk menumbuhkan karakter,” kata Anies kepada wartawan seusai meresmikan Bandung Masagi di SMAN 8 Bandung, kemarin (19/7).

Bandung Masagi dianggap sebagai contoh untuk untuk menumbuhkan 15 karakter siswa. Jumlah tersebut dianggap cukup, sebab khusus untuk pelajar di semasa sekolah perlu ada 15 sampai 20 karakter.

Dia berpandangan, semakin banyak karakter positif yang ada pada anak, semakin baik moral yang ada pada anak tersebut. Selain karakter, ada juga nilai dasar dan kompetisi yang diperlukan untul para anak. ”Kompetisi di sini harus juga selaras dengan zaman, yaitu kompetisi zaman abad 21,” ungkapnya.

”Ada nilai 4C yang dibutuhkan oleh anak. Di antaranya creative, critical thinking, communication dan colaboration,” ungkapnya.

Khusus dengan adanya critical thinking, dia menyebut, hal itu akan menghindari anak menjadi pundamentalis. Harapannya, anak akan banyak berpikir dan bertanya minimal apa yang dipikirkan dan dilaksanakan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.