Langkah Transfer yang Efektif

bandungekspres.co.id, Persaingan memperebutkan trofi La Liga musim depan baru dimulai 21 Agustus mendatang. Namun, untuk persaingan bursa transfer, Atletico Madrid melenggang begitu jauh di hadapan rivalnya, Real Madrid dan Barcelona.

Pada jendela transfer musim panas ini, nama penting yang didapatkan oleh Barcelona adalah Samuel Umtiti, Lucas Digne, dan Denis Suarez. Suarez sendiri tidak bisa disebut sebagai pembelian karena pada dasarnya dia dulunya bekas pemain Barcelona B musim 2013-2015.

Sementara Real lebih pasif lagi dengan baru mengaktifkan klausul pembelian kembali terhadap Alvaro Morata seharga 30 juta euro (sekitar Rp 433,70 miliar) dari Juventus.

Nah, Atletico bisa tersenyum lebar karena memperoleh tiga pemain yang kesemuanya belum pernah merasakan atmosfer La Liga. Yakni eks pilar Benfica Nicolas Gaitan dengan harga 25 juta euro (Rp 364,43 miliar), bek kanan Sassuolo Sime Vrsaljko yang berharga 13,6 juta pounds (Rp 237,62 miliar).

Dan banderol 6,12 juta pounds (Rp 106,93 miliar) untuk memboyong gelandang belia berusia 19 tahun Diogo Jota dari Pacos Ferreira, serta mematenkan Fernando Torres dengan status bebas transfer.

Ini belum ditambah kembalinya beberapa penggawa muda yang telah kenyang jam terbang maupun pengalaman selama menjalani masa peminjaman. Antara lain Borja Baston dari Eibar.

Boleh dibilang, langkah El Atleti, sebutan Atletico di bursa transfer kali ini cukup strategis dan efektif jika berambisi menebus kegagalannya kala terpeleset di jornada 37 La Liga dan gagal adu penalti 3-5 dari Real pada final Liga Champions.

Sebab, merunut pada ucapan kolumnis lepas SB Nation Robbie Dunne, ada beberapa faktor yang menjadi perhatian utama entrenador Diego Simeone.

Yang pertama adalah mencari sosok ideal di posisi nomor sembilan atau centre-forward. Dengan rumor Barcelona yang berusaha mendapatkan Luciano Vietto, ditambah masih simpang-siurnya rencana Atletico mendatangkan Diego Costa dari Chelsea, maka opsi mematenkan Torres merupakan keputusan tepat.

Selain termasuk pemain yang sudah matang (32 tahun), bomber dengan julukan El Nino tersebut menunjukkan peningkatan performa selama menjadi pemain pinjaman di Vicente Calderon dari AC Milan.

Pada musim pertamanya atau 2014-2015, Torres hanya bisa membukukan enam gol dari 26 pertandingan di semua ajang. Namun, statistik itu meningkat musim lalu dimana eks striker Chelsea dan Liverpool tersebut menorehkan 12 gol dalam 44 laga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan