IPHI Kabupaten Bandung Dilantik

bandungekspres.co.id, SOREANG – Bupati Bandung H. Dadang Mochamad Naser SH SIp MIp mengimbau Pengurus Daerah (PD)Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Bandung dapat terbentuk hingga ke tingkat kecamatan. Keberadaan IPHI di kecamatan atau desa akan memudahkan koordinasi, syiar islam dan lebih mendekatkan pelayanan terutama dalam hal informasi haji kepada masyarakat.

”Keberadaan lembaga tersebut harus dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkap Dadang Naser ketika menghadiri kegiatan Pelantikan PD IPHI Kabupaten  Bandung Masa Bhakti 2016-2021.

Kegiatan yang berlangsung kemarin (14/7) di Mesjid Al-Fathu Soreang ini, bersamaan dengan peresmian pembinaan manasik masal pertama calon Jemaah haji Kabupaten Bandung tahun 1437 H/ 2016 M.

Dengan keberadaan IPHI di kecamatan, kata Dadang, setidaknya ketidaktahuan masyarakat tentang informasi kegiatan haji bisa langsung terakomodir di tingkat kecamatan dan nanti diteruskan ke kabupaten.

”Kecamatan menjadi front terdepan dalam pelayanan berbagai aspek kepada warga, termasuk ibadah haji,” tutur Dadang.

Sementara itu, kepada para pengurus yang dilantik, Ia berpesan agar bisa lebih baik lagi dan kompak dalam menjalankan tugas fungsinya. IPHI juga harus mampu membangun sinergitas dengan Pemkab Bandung dan pihak lainnya

“Saya ingin pelayanan kepada para calon Jemaah haji semakin terasa manfaatnya oleh para Jemaah. Dan tidak menutup kemungkinan, para calon Jemaah ini suatu saat nanti bisa duduk di kepengurusan IPHI kecamatan,” imbuhnya pula.

Pada kesempatan yang sama, Ia juga menyampaikan harapan pada calon Jemaah haji bisa menjadi haji mabrur, pemegang amanah untuk kepentingan umat. Di samping itu dapat meningkatkan amalan sosial, kepedulian lingkungan, menjaga hubungan baik dengan sang pencipta dan sesame manusia serta alam sekitar dengan seimbang.

”Mudah-mudahan para calon Jemaah haji ini menjadi haji yang mabrur, bukan makbul, bisa jadi tauladan yang baik dan menjaga lingkungan dari berbagai sisi dan dimensi, menjaga keharmonisan antara manusia dengan tuhan, sesame dan alam sekitar,”  ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua PD IPHI Kabupaten Bandung Drs H. Chairul Bariedien SPd MBa mengatakan, jumlah kuota calon Jemaah haji Kabupaten Bandung sebanyak 1942 orang. (gun/fik)

Tinggalkan Balasan