Harus Steril dari Pedagang Kaki Lima

bandungekspres.co.id, TAMAN – taman kecil disepanjang Jalan Sriwijaya, tepatnya depan pasar antri rencananya akan dibongkar dan dipindahkan ke belakang pasar. Alasannya, saat ini taman tersebut sering rusak oleh PKL yang berjualan di lokasi tersebut.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Cimahi, Aris Permono menuturkan, hasil pantauannya menjelang Idul Fitri, selain dipakai untuk berjualan, taman tersebut sering pula digunakan untuk menyimpan kas bekas para PKL.

”Kemarin-kemarin taman tersebut banyak yang rusak karena dipakai bekas-bekas jualan para PKL. Jelas ini bukan peruntukannya,” ujarnya.

Karena kondisinya seperti itu, pihaknya berencana menghilangkan taman tersebut dan memindahkan taman ke belakang pasar. Meski taman dipindahkan, pohon-pohon besar atau pohon peneduh disepanjang jalan tersebut tidak akan diganggu.

”Kita berencana memindahkan taman tersebut ke belakang. Tapi konsepnya hanya taman kecil yang pohonnya juga kecil. Kalau pohon besar disepanjang jalan tidak akan kita ganggu,” ujarnya.

Taman yang dihilangkan tersebut, lanjut Aris, nantinya akan dibuat untuk lokasi parkir. Dengan begitu dilokasi tersebut tidak ada PKL yang berjualan.”Nanti kita koordinasi juga dengan Dishub agar memasang rambu-rambunya. Dengan begitu PKL tidak bisa jualan di sana karena lahan itu untuk parkir,” jelasnya.

Dengan dihilangkannya taman tersebut, diharapkan bisa memperlebar ruas jalan dijalur tersebut. Sebab saat ini jalur itu cukup kecil hingga sering menyebabkan kemacetan.

Sementara untuk taman-taman lainnya, Aris mengaku sampai saat ini tidak ada kerusakan seperti halnya taman di Jalan Sriwijaya. Namun begitu pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Satpol PP untuk mencegah adanya PKL. ”Taman bukan untuk jualan dan kita akan terus berkoordinasi dengan Satpol PP agar mencegahnya,” katanya. (bun/asp)

Tinggalkan Balasan