Budidaya Ikan Hias Meningkat

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Saat ini‪ masyarakat Cimahi mulai menggandrungi usaha ikan hias. Terlebih, budidaya ikan hias ini tidak memerlukan lahan yang luas, dan peluang usaha tersebut pun cukup menjanjikan.

Kepala  UPTD Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT) dan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Cimahi, Nandang Jayawiguna mengatakan, masyarakat Cimahi yang sudah melakukan pembibitan ikan hias hingga saat ini sudah ada sekitar 33 orang. Hal ini terlihat saat ada pembinaan dan bantuan dari Pemprov Jabar beberapa waktu lalu.

” Waktu itu Pemprov memberikan bantuan berupa bibit udang hias dan aquarium, masyarakat pun sepertinya tertarik dalam usaha tersebut,” kata Nandang,kemarin (14/7).

Menurut Nandang, banyaknya minat pembibitan ini, seiring banyaknya permintaan pasar. Terlebih, untuk membeli bibit ikan hias harus ke daerah lain seperti Cianjur. ”Daripada jauh cari bibit ikan, lebih baik ke yang dekat. Makanya banyak yang nyarinya ke Cimahi,” ujarnya.

Kendati demikian, dirinya menyarankan, bagi masyarakat yang akan terjun ke usaha budidaya ikan hias sebaiknya bergabung dengan komunitas lain yang sudah berpengalaman. ”Minimalnya untuk alat-alat mereka bisa bantu, juga relasi pun akan bertambah, sebab untuk peralatan kita (BBIAT) masih terbatas,” terangnya.

Sementara itu,  kata Nandang, Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT) dan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Cimahi sendiri saat ini tengah fokus pada pembibitan ikan hias jenis Frontosa. Terlebih ikan yang diketahui berasal dari Afrika tersebut, kini tengah diminati masyarakat.

Menurtnya, untuk pembibitan ikan hias lain seperti ikan koi, ikan koki, serta udang hias dan lainya, sudah ada di Cimahi sejak lama. Namun, agar pembibitan ikan hias di Cimahi terus berkembang, saat ini pihaknya  akan mencoba pembibitan ikan hias lainnya. ”Sekarang kita sedang kembangkan budidayakan ikan hias jenis Frontosa,” kata Nandang.

Dengan makin banyaknya pembibitan dan penghobi ikan hias di wilayah Cimahi diharapkan perekonomian masyarakat bisa berkembang. ”Selain ikan, nantinya bisa juga ada yang menjual peralatan untuk sarana ikan dan lainnya sebagai penunjang perkembangan ikan hias di Cimahi,” tuturnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan