Pragmatisme Berujung Cuci Gudang

bandungekspres.co.id – Jose Mourinho sudah sesumbar bahwa dia menargetkan bisa memenangkan trofi di semua kompetisi saat diperkenalkan sebagai manajer baru Manchester United.

”Aku tidak merendah ketika berbicara hal itu (target juara),” koar Mourinho kepada ESPN. ”Aku sangat agresif. Tentu ini adalah hal yang sulit untuk dicapai. Tapi ya, aku ingin memenangkan segalanya,” lanjutnya.

Karena itu, demi merealisasikan impiannya, editor Daily Mirror Ed Malyon menyatakan bahwa Mourinho butuh para pemain yang sesuai dengan visi maupun filosofi permainannya.

Sebagai pakar sepak bola pragmatis, Malyon mengatakan bahwa skuad ideal bagi The Special One, julukan Mourinho, adalah skuad yang mengandalkan pertahanan solid demi menunjang targetman.

Hal itu terlihat di Chelsea ketika Mourinho membesutnya 2013-2015. Di barisan belakang, jantung pertahanan Chelsea diisi duet Gary Cahill-Kurt Zouma yang memiliki tubuh besar.

Sementara di lini depan, ada Diego Costa yang tidak hanya berperan sebagai striker tunggal, namun juga pemantul untuk membuka celah bagi pemain seperti Eden Hazard, Willian, maupun Pedro Rodrguez.

Makanya, Mourinho pun mencoba untuk mengaplikasikannya di Setan Merah, sebutan United. Sejauh ini, dia sudah mendapatkan tiga pemain yang masuk dalam kriterianya.

Di jantung pertahanan, manajer Portugal berusia 53 tahun itu telah merekrut bek tengah Eric Bailly dari Villarreal dengan banderol yang cukup mahal, 32,3 juta pounds (sekitar Rp 558,20 miliar).

Di lini depan, Mou berhasil membujuk Zlatan Ibrahimovic untuk kembali bekerja sama dengannya pasca kontraknya habis bersama Paris Saint-Germain.

Adapun di lini tengah, eks allenatore Inter Milan dan entrenador Real Madrid tersebut mendapatkan sosok Hazard dalam diri kapten Armenia, Henrikh Mkhitaryan, dengan Tranfermarkt menyebut United harus merogoh kocek hingga 37,7 juta pounds (Rp 616,74 miliar).

Masuknya ketiga pemain itu membuat Mou bakal melakukan beberapa penyesuaian. Contohnya adalah di pertahanan.

”Bailly jelas menjadi tandem bagi Chris Smalling,” ulas Malyon seperti dikutip Daily Mirror. ”Sementara Phil Jones bakal seperti Branislav Ivanovic sebagai fullback kanan,” lanjutnya.

Sedangkan kapten Wayne Rooney akan dikembalikan ke posisinya sebagai striker. ”Mungkin Wayne memiliki passing bagus. Namun, aku juga bisa melakukannya selama tak ada tekanan,” kata Mourinho mengomentari Rooney (6/7). ”Selama aku memegang tim, dia tidak akan menjadi nomor enam atau delapan,” tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan