Jalan Menuju Lokasi Wisata Harus Diperlebar

bandungekspres.co.id, CIWIDEY– Libur terakhir cuti bersama Lebaran, Minggu (10/7), sejumlah objek wisata di Kabupaten Bandung dipadati wisatawan. Menurut pantauan Bandung Ekspres di kawasan wisata Ciwidey terbilang padat dan ramai. Tahun ini. Jumlah kunjungan mencapai 10.000 orang per hari.

Dede Badru Munir, Manager Wisata MT Highland mengaku, kawasan wisata Bandung Selatan sejak Lebaran pertama hingga kemarin terus dipadati pengunjung. Sehingga banyak wisatawan yang terjebak macet. Ini akibat akses jalan yang terlalu sempit.

”Seharusnya objek wisata di Ciwidey ramai pengunjung. Tapi ini malah sepi. Padahal jalanan padat. Mungkin ini karena jalan sempit, macet sehingga terlihat banyak,” ujar Dede.

Dikatakannya, sebaiknya pemerintah Provinsi Jawa Barat memperhatikan jalan akses ke lokasi wisata. Misalnya lebar jalan harus terus diperhatikan karena dengan jumlah pengunjung yang semakin hari semakin padat ini akan semakin macet. Penumpukkan kencaraan tidak bisa tertampung lagi oleh kondisi jalan yang lebarnya hanya enam meter.

”Lihat saja kemacetan semakin parah saat malam Minggu tiba karena jalan yang kecil dan akses menuju lokasi wisata yang kecil. Sehingga kami menilai pemerintah provinsi harus memperhatikan ini. Apalagi dengan datangnya liburan Natal dan Tahun Baru nanti juga akan semakian macet parah,” tegas Dede,

Senada dengan Dede, pengelola enam lokasi wisata yang biasa dikunjungi di kawasan Bandung Selatan merasakan hal yang sama. Seperti diakui Aang Supriat, pengelola Kawasan Kampung Cai Ranca Upas-Rancabali mengakui Sabtu dan Minggu kemarin merupakan puncaknya para wisatawan berkunjung ke Ciwidey. Karena Senin sudah mulai memasuki kerja dan cuti bersama habis.

”Kami menilai liburan terakhir ke Ciwidey Sabtu dan Minggu kemarin, karena memang Senin (11/7) sudah memasuki kerja dan liburan atau cuti bersama sudah habis. Jumlah pengunjung yang datang tidak mengalami peningkatan atau bahkan terasa sepi. Sehingga ini pun berimbas pada pendapatan kami disini,” aku Aang.

Keenam lokasi yang menjadi tujuan wisatawan masing-masing Situ Patengan, Kawah Putih, pemandian air panas Cimanggu, Ciwalini, penangkaran rusa dan Kampung Cai Ranca Upas serta MT Highland Resort. Keenam lokasi ini merupakan yang objek dikelola oleh Perum Perhutani. Adapun lokasi wisata lainnya yang ada di kasawan Bandung Selatan yang dikelola pemkab Bandung masing-masing Curug Cinulang, Situ Cileunca dan pemandian air panas Cibolang-Pangalengan. (gun/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan