Tak Lengkap Tanpa Berselfie di Tepi Kawah

Taman Wisata Alam Tangkubanparahu menjadi pilihan masyarakat untuk menikmati pemandangan indah dan suasana alam saat mengisi libur Lebaran tahun ini. Hal itu juga yang dilakukan oleh para pengunjung baik dalam negeri maupun dari wisatawan asing. Banyak pengunjung yang memanfaatkan untuk berfoto dengan keluarga dan berfoto sendiri (selfie) dengan suasana kawah bekas letusan gunung api.

Laporan Hendrik Kaparyadi, Lembang

PADA Minggu (10/7), ribuan pengunjung terlihat memadati di puncak Tangkubanparahu. Kendaraan baik mobil maupun sepeda motor tampak ramai untuk menikmati pemandangan di atas kawah. Tak sedikit, pengunjung dari Mencanegara mulai dari Malaysia, Singapura bahkan pengunjung dari eropa memanfaatkan untuk ber-selfie. ”Saya datang bersama keluarga untuk liburan memanfaatkan akhir libur Lebaran,” kata Dudi Tardi, 36, kepada Bandung Ekspres ditemui di lokasi kemarin.

Menurut dia, lokasi Tangkubanparahu merupakan lokasi wisata yang menjadi tujuan setiap orang. Diakuinya, memang tidak ada fasilitas lainnya yang bisa dinikmati, namun lokasi wisata yang satu ini memiliki kepuasan tersendiri. Mulai dari pemandangan alam yang luar biasa. ”Hal lainnya kita puas karena bisa mendatangi lokasi wisata yang memiliki legenda masa lalu yang sering kita pelajari di sekolah saat masih kecil,” kata Dudi pengunjung dari Jakarta ini.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan SDM PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) selaku pengelola Tangkubanparahu, Nurlela Silvia mengatakan, para pengunjung yang datang ke lokasi ini tidak hanya dari dalam negeri, namun juga dari pengunjung mancanegara. ”Banyak dari mancanegara yang datang. Tidak pada liburan seperti saat ini, tapi pada libur akhir pekan juga sering datang,” katanya.

Menurut Lela sapaan akrabnya ini menambahkan, pengunjung yang datang bisa menikmati kondisi alam pegunungan yang memiliki udara segar serta kawah bekas letusan. ”Kita juga saat ini tengah membangun menara pandang. Menara ini digunakan untuk pengunjung ber-selfie. Kita targetkan pada tahun baru nanti sudah bisa rampung. Kita juga tengah membuat foodcourt bagi pedagang kuliner yang bisa dinikmati para pengunjung,” paparnya.

Disinggung pada libur Lebaran berapa jumlah pengunjung yang datang, Lela menyebutkan, ada sekitar 10 ribu pengunjung yang datang. Namun, kata dia, dibandingkan tahun lalu jumlah pengunjung tahun ini menurun. ”Kami juga mendapatkan bantuan pengamanan dari TNI/Polri agar pengunjung yang datang mendapatkan pengamanan. Kita harapkan pengunjung bisa puas dengan fasilitas yang kami berikan,” tandasnya. (*/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan