Ukraina vs Polandia, Mencari Kebanggaan Terakhir

bandungekspres.co.id – Ukraina memang menjadi negara pertama dari Grup C yang memastikan diri tersingkir dari ajang Euro 2016. Hasil itu menyusul kekalahan beruntun yang mereka terima dan membuat tim besutan Mykhaylo Fomenko terjebak di dasar klasemen.

Hal itu mengejutkan kiper Polandia, Artur Boruc. Boruc terkejut Ukraina tidak membuat dampak hebat di Euro 2016.

Boruc, yang kalah bersaing dengan Lukasz Fabianski untuk menggantikan Wojciech Szczesny yang cedera di pertandingan terakhir Polandia sempat berpikir Ukraina akan menjadi ancaman di Grup C, tapi hal itu tidak terwujud.

’’Apakah saya terkejut bahwa mereka memiliki hasil yang buruk seperti itu? Ya,” katanya seperti dikutip Four Four Two. ’’Mereka memiliki pemain bagus, terutama winger, tapi untuk beberapa alasan mereka belum mampu menunjukkan hal tersebut,” lanjutnya.

Polandia masih memiliki harapan lolos, meski menuai hasil imbang dengan Jerman. Namun kemenangan 1-0 atas Irlandia Utara, belum menutup peluang maju ke babak selanjutnya.

Gelandang Ukraina, Taras Stepanenko mengakui timnya telah membuat kesalahan. Hanya saa, dirinya masih memiliki asa untuk memetik hasil positif saat melawan Polandia.

’’Pertandingan melawan Jerman dan Irlandia Utara telah menunjukkan bahwa setiap hal kecil menjadi fokus,” ujarnya kepada uefa.com.

’’Ada banyak pemain muda di tim yang langsung berhadapan dengan turnamen besar. Ini akan menjadi pengalaman yang hebat dan pelajaran bagi saya. Saya tidak pernah berhenti mengatakan bahwa tidak seluruhnya negatif,” paparnya.

Mengingat ini derby Eropa Timur, kubunya ingin membawa hasil positif demi menjaga kehormatan negara dan kebanggaan suporter. ’’Kami ingin bermain sepakbola yang baik dan mendapatkan hasilnya,” tekadnya.

Hasil imbang melawan Ukraina akan cukup bagi mereka untuk maju ke tahap sistem gugur, atau bahkan kalah jika Irlandia Utara kehilangan ke Jerman.

Namun, bila menilik statistik pertemuan kedua kesebelasan, Ukraina sebenarnya bukan lawan yang mudah dikalahkan oleh Polandia. Terbukti dari lima pertemuan keduanya, Ukraina mendominasi dengan dua kemenangan dan tiga hasil imbang tanpa pernah mengalami kekalahan. Hanya saja, hingga saat ini sama sekali belum mencetak gol.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan