Jalan Hidup Baru Selebriti Islami

Seiring dengan berjalannya waktu, Astri kerap mendapatkan tawaran untuk mengisi seminar dan memberikan tausiah. ”Manusia punya kewajiban untuk berdakwah. Mengajak orang melakukan kebaikan, kita akan dapat kebaikannya juga,” imbuh dia.

Astri mengatakan, yang paling membuatnya bersyukur adalah saat-saat ketika kajian yang diberikannya sampai ke hati audiens dan mereka mau mengamalkannya. Ketika menyampaikan kajian kepada orang lain, sejatinya dia juga belajar. Astri pun terus menambah ilmu diri. Dia mengikuti beberapa kajian rutin, antara lain fikih dan tadabur dua kali dalam sepekan dengan Ustad Bachtiar Nasir. ”Harus terus diisi. Agar banyak yang bisa dibagikan,” ucapnya.

Ketenangan Batin

Jika Wisnu dan Astri masih kerap menghiasi layar kaca, Reza NOAH termasuk artis penempuh jalur dakwah yang menepi dari lampu sorot. Perjalanan spiritual penggebuk drum (drumer) tersebut berawal dari rasa gundah yang berlangsung sekian lama. Dia pun tak bisa menjelaskan alasannya.

”Setiap kali saya ditanya mengapa galau, saat itu bingung juga menjawabnya. Padahal, saat itu segalanya serba-ada: uang ada, fasilitas ada, ketenaran juga ada, keluarga juga ada, tapi tetap hati ini belum tenang,” ungkap Reza, Jumat lalu.

Salah satu cara untuk mengusir rasa gelisah yang terus melekat di dalam hatinya saat itu ialah terus ngeband. Kegiatan lainnya ialah membunuh waktu dengan jalan-jalan di pusat perbelanjaan.

Hal tersebut tetap tidak membuat pria pemilik nama lengkap Ilsyah Ryan Reza itu merasa mendapat solusi jangka panjang untuk memuaskan hatinya yang terus menuntut mencari ketenangan. ”Akhirnya pada 2010 saya memutuskan untuk banyak berkumpul dengan orang-orang yang dalam ilmu agama Islamnya. Ternyata hal itu sangat berpengaruh. Banyak hal positif yang otomatis menular kepada saya dan membuat hati saya itu tenang,” ujarnya.

Merasa menemukan kedamaian spiritual yang selama ini dicari, Reza kemudian secara rutin mengikuti berbagai kegiatan keagamaan. Di awal-awal perjalanan hijrahnya tersebut, Reza masih merupakan bagian dari NOAH. ”Ya, awal-awal itu ibaratnya saya harus secara bertahap, tidak langsung total memutuskan untuk berdakwah saja. Nyicil kemantapan hati lah,” kenangnya. Proses itu berlangsung pada 2010-2015. Sambil tetap main band, Reza juga aktif mengikuti kegiatan pengajian dan berdakwah di waktu-waktu luang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan