Persib Jadikan GBLA Homebase

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandung Dodi Ridwansyah memastikan, keberlangsungan laga-laga Persib Bandung, dalam lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016, tetap terjaga.

Termasuk untuk pertandingan Persib Bandung melawan Mitra Kukar, Sabtu (18/6) mendatang. Berdasarkan hasil rapat koordinasi Senin (13/6) malam, sejumlah elemen seperti PT PBB, Polrestabes Bandung, Distarcip dan Dispora Kota Bandung serta PT Adhikarya, Pemerintah Kota Bandung, memahami kesulitan yang sedang dihadapi Persib Bandung.

Sehingga, Pemkot Bandung menyepakati memfasilitasi agar stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), dapat digunakan Persib Bandung untuk menggelar laga kandang dalam menyelesaikan ISC putaran pertama.

”Kendati demikian, tidak seluruh area kursi dapat dipakai, karena, masih ada beberapa titik dalam proses  perbaikan untuk persiapan PON ke XIX,” kata Dodi kepada Jabar Ekspres di Kantor Dispora Kota Bandung, kemarin (14/6).

Dari 38 ribu kapasitas kursi yang tersedia di Stadion GBLA, yang boleh diisi penonton tidak lebih dari 20.000 tempat duduk. Selebihnya, agar dimaklumi untuk sementara tidak bisa dipakai.

”Tempat duduk yang boleh digunakan hanya di Tribun timur dan selatan. Itu pun khusus bagi yang memiliki tiket,” tukas Dodi.

Sementara itu, untuk mengakomodir penonton dan bobotoh yang tak miliki tiket masuk. Kewenangannya ada di Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan. Salah satunya menyediakan layar lebar ataupun nonton bareng di kawasan stadion. ”Dispora tak intervensi. Itu kewenangan Panpel,” kata Dodi.

Jika merunut ke belakang, terang Dodi, Pemkot Bandung membangun stadion GBLA agar bisa digunaklan untuk memfasilitasi pertandingan-pertandingan Persib. Termasuk, even olahraga terdekat, yaitu PON ke-XIX.

”Kalah secara penuh untuk kegiatan-kegiatan Persib, kami tidak keberatan. Intinya, Persib dapat menggunakan GBLA sebagai home base,” tandas Dodi.

Di berharap, bobotoh juga memiliki rasa yang sama dengan pemerintah. Di antaranya tertib dan berusaha menjaga keberlangsungan aset stadion.  ”Jadilah bobotoh yang santun, dalam bertindak dan berucap,” seru Dodi.

Di tempat terpisah, Ketua Komisi D Achmad Nugraha mengaku, merekomendasi GBLA digunakan oleh Persib Bandung.

Sesuai dengan roh pembangunan GBLA, yang diinisiasi pemerintahan sebelum periodesasi Emil-Oded, Stadion GBLA memang diproyeksikan untuk homebase Persib.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan