Kurangi Sampah dari Sumbernya

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi melalui Kantor Lingkungan Hidup (KLH) meminta partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.  Pasalnya, jika tidak dikendalikan, maka sampah yang dibuang tersebut akan mengotori kota.

Menurut Kepala Kantor LH Kota Cimahi, Ade Ruchiyat, seluruh warga Kota Cimahi memberikan kontribusi dalam membuang sampah baik secara perorangan ataupun rumah tangga.”Setiap orang dipastikan membuang sampah dalam jumlah yang relatif sesuai dengan kegiatannya masing-masing, karenanya untuk menjaga agar kota kita ini bersih kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan kota minimal dilingkungannya masing-masing,” ungkapnya, kemarin.

Dikatakannya, jika volume sampah di Kota Cimahi dibiarkan, selain mengotori kota juga akan mengurangi keindahan dan kebersihan. Karenanya, hal ini merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah, pegiat lingkungan, LSM Ormas dan unsur terkait lainnya

Ade menyebutkan, kebiasaan melakukan pemilahan sampah dari sejak rumah tangga akan sangat membantu pemerintah dalam menanggulangi volume sampah yang dibuang ke tempat pembuangan Akhir (TPA). ”Jika sejak dari rumah sampah dipilah mana yang masih bermanfaat dan mana yang benar-benar tak bisa dimanfaatkan lagi, maka akan mengurangi beban anggaran yang harus dikeluarkan oleh Pemkot cimahi dalam permasalahan sampah ini,” ujarnya.

Keberadaan TPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat, dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi tidak akan difungsikan sebagai tempat pembuangan sampah. Rencananya, pembuangan sampah akan dilakukan ke TPA Legok Nangka, yang lokasinya lebih jauh dibandingkan dengan TPA Sarimukti. ”Jika TPA sudah dipindahkan, tentu beban dana operasional untuk membuang sampah ini akan lebih tinggi dan menjadi beban APBD, karenanya jika masyarakat sudah ikut melakukan pemilahan sampah sejak dari rumah, selain bisa mendapatkan nilai ekonomi, juga akan mengurangi volume sampah yang harus dibuang ke TPA, ” pungkasnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan