UKM Jadi Pertahanan Ekonomi Masyarakat

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Persaingan ekonomi global tak bisa lagi terbendung. Apalagi, jelang menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dalam waktu dekat ini. Untuk itu, diperlukan pertahanan ekonomi yang kuat dari para pelaku usaha di Indonesia khususnya di Kota Cimahi.

”Terlebih Masyarakat Ekonomi Asean yang saat ini sedang gencar masuk ke Indonesia diperlukan pertahanan ekonomi yang kuat. Jangan sampai disaat MEA sudah dimulai kita hanya jadi penonton saja itu salah langkah,” kata Marsekal TNI (Purn) Jowono Kolbuoen, yang didaulat menjadi Pembina KUKMI.

Menurutnya,  KUKMI, dan UKM di Jawa Barat  khususnya di Cimahi bisa menjadi pionir pengusahan ekonomi kecil agar berkembang dan produknya bisa dikenal masyarakat luas.

Sedangkan Ketua KUKMI, Supiyardi mengatakan, untuk memperkuat jaringan dan dukungan disemua lini, harus ada sinergitas program-program KUKMI dengan instansi terkait. ”Ini adalah kunjungan untuk memantapkan program KUKMI di masa depan, dan kebetulan Pa Jowono sudah mau menjadi bagian keluarga KUKMI,” jelasnya.

Dia melanjutkan, dipilihnya Marsekal TNI (Purn) Jowono Kolbuoen untuk menjadi Dewan Pembina KUKMI lantaran beliau sudah paham betul dengan Ekonomi kerakyatan, terlebih beliau sangat mendukung semua program-program yang terkait dengan UKM.

Sebelumnya, KUKMI telah menjalin kemitraan kerja untuk jangka panjang antara Kerukunan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (KUKMI) beserta PT. Pos Indonesia yang dibuktikan dengan adanya Workshop yang bertemakan ’Mengarap bersama pasar  E – Coment Menuju Pasar Juara’ yang dihadiri 100 pelaku UKM di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Supiyardi berharap, dari kerjasama yang sudah terjalin dengan baik ini telah menghasilkan misi dan visi yang mengarah kemajuan pelaku usaha kecil. ”Era Masyarakat Ekonomi Asean yang saat ini ada adalah tantangan baru bagi pelaku usaha Indonesia, dan sudah waktunya ekonomi kerakyatan kita bangun menjadi juara ekonomi di Indonesia,” kata Supiyardi. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan