Kopi Garut Miliki Kualitas Dunia

bandungekspres.co.id, GARUT – Keberadaan kopi Garut ternyata kualitasnya di akui oleh dunia, hal ini dengan diperolehnya berbagai sertfikat pecinta kopi dunia pada ajang World Day Cofee di Atlanta belum lama ini. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, Kopi Garutan ini memiliki potensi luar biasa namun belum dikembangkan secara optimal sehingga harus didorong pengembangannya.

”Potensinya ini bagus dan kualitas kopinya juga sudah tidak diragukan lagi,” Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar ketika ditemui usai acara Pesta Rakyat Panen kopi dan seni budaya 2016 di Perkebunan Cisaroni Desa Margamulya Kec.Cikajang Kabupaten Garut, kemarin (24/5).

Menurutnya, di Garut banyak dikembangkan kopi robusta dan kopi arabica dengan kualitas sangat baik dan memiliki rasa berbeda dengan kopi sejenis yang tumbuh di daerah lainnya sehingga menjadi perhatian dari para penikmat kopi di dunia.

Deddy menyebutkan, sejak 2008 ada sekitar 26.000 hektar lahan kopi dan saat ini mencapai sekitar 32.000 hektar lahan kopi, dengan produksinya mencapai sekitar 17.100 ton/tahun dengan hasil panen bis dilakukan dua kali dalam setahun.

Selain itu, untuk mengembangkan budidaya Kopi ini Pemprov Jabar melalui dinas perkebunan dan bantuan Perhutani juga telah memberikan bantuan bibit sejak 2014 hingga tahun 2017 dengan pembibitan hingga 6 juta bibit.

Selain itu, pengembangan para petani kopi garutan juga akan dibantu dengan melibatkan pihak Perbankkan untuk mengucurkan kredit usaha Rakyat khusus untuk kalangan petani Kopi.

”Kita sudah mendapat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bank penyalurnya adalah bjb, BNI, BRI Sehingga diharapkan untuk masalah permodalan bisa tertangani,” ucap dia.

Langkah ini ditempuh lanjut dia sebagai bentuk percepatan akses keuangan di daerah yang selama ini masih rendah di kalangan masyarakat pedesaan khususnya para petan,i terlebih petani kopi banyak terjerat dengan ijon dan para spekulan yang meramaikan harga.

”Ijon itu merugikan petani, pinjamannya ditukar dengan hasil kopi mereka dengan harga yang sangat murah,” kata Deddy.

Deddy menambahkan, pihaknya akan selalu mendukung potensi-potensi pengembangan kedaerahan termasuk dukungan untuk meggelar Festival Kopi Internasional apalagi Garut terbilang memiliki alam yang indah dan sangat cocok dengan suasana pegunungan perkebunan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan