Utak-Atik Musik Asik Pakai Launchpad

Starter Kit buat Pemula

launchpad
Indomusikgram
Ananta Giovanni (@anantavinnie)

MELIHAT tombolnya ada 64 aja mungkin udah bikin kamu minder duluan sebelum nyobain launchpad. Padahal, sebenarnya nggak susah kok kalau niat belajar. Nah, biar nggak kaget, cobain tip main launchpad buat pemula dari Ananta Giovanni. Cekidot! (grc/c23/adn)

 

 

Latih Kelenturan Jari

Telanjur beli launchpad, tapi masih bingung harus berguru ke siapa? Nggak usah bingung! Soalnya, dengan membuka launchpad-pro.com aja, kamu udah bisa belajar bikin tampilan LED launchpad. Selain itu, di sana ada sampel musik yang udah diprogram pemisahan note-nya pada pad launchpad. Dengan begitu, kita bisa mulai melatih kelenturan gerakan jari. Jangan lupa istirahat ya biar jari nggak kram!

Aransemen Satu Lagu Dulu

Menurut Vinnie, pemula juga harus belajar mixing. Sebab, launchpad cuma berfungsi sebagai media pemindahan musik yang udah ’’matang’’ dari tahap mixing. Seperti yang kita tahu, proses mixing dilakukan di software Ableton Live. Buat pemula, coba utak-atik satu lagu dulu. Misalnya, dengan menambahkan efek. Kalau satu lagu udah mulai lancar, baru coba remix dua lagu.

Pahami Song Production

Sebelum bisa mixing, kita juga harus paham mengenai basic song production dan mash-up. Cara gampangnya adalah sering mendengarkan lagu mashup dari DJ yang sudah ada. Dengan begitu, akan terbentuk sendiri pola pikir untuk mashup lagu. Beberapa hal seperti bagian lagu, progresi chord, pitch, dan tempo harus disamakan sehingga kedua lagu bisa di-mash-up dengan apik.

Tinggalkan Balasan