oleh

KPK Kaji Data Panama Papers

bandungekspres.co.id , JAKARTA – Alarm penindakan mulai dinyalakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pimpinan lembaga antirasuah itu sejak tiga hari lalu membahas tindakan apa yang bisa mereka lakukan. Salah satu opsinya memberikan backup pada Satgas di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

panama papers -skandalWakil Ketua KPK Saut Situmorang pada Jawa Pos (induk Bandung Ekpres) kemarin mengaku, sudah tiga hari ini pimpinan menggelar rapat membahas data Panama Papers. ”Kami membahas apa langkah yang bisa kami lakukan segera,” papar Saut. Tak menutup kemunginan KPK bekerjasama dengan Ditjen Pajak untuk menelusuri ada tidaknya unsur korupsi skandal Panama Papers tersebut.

Komisioner KPK lainnya Laode M. Syarif saat membenarkan pihaknya masih mempelajari sejumlah nama orang Indonesia yang ada dalam dokumen firma asal Panama, Mossack Fonseca itu. Pendalaman itu untuk mengetahui apakah pemanfaatan firma Mossack Fonseca itu untuk pencucian uang atau tujuan lainnya.

Menurut Syarif, simpanan offshore selama ini sebenarnya tercium penegak hukum. Namun, mereka juga menemu kendala untuk menindaklanjuti. ”Saya rasa masalah yang sama juga dihadapi penegak hukum di luar negeri,” katanya pada sejumlah wartawan.

Oleh karena itu kerjasama dengan penegak hukum di luar negeri sangat penting untuk menindaklanjuti persoalan ini. Kerjasama itu bisa agency to agency, bilateral ataupun multilateral.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga