oleh

Pangkas dan Satukan Bentuk Izin Usaha

Presiden Geram Izin Usaha Terlalu Banyak

bandungekspres.co.id – tidak lama lagi, wirausahawan maupun investor di Indonesia bakal mendapat tambahan kemudahan terkait izin. Pemerintah memutuskan untuk memangkas sejumlah izin yang berkaitan dengan UKM maupun investasi. Diharapkan, kebijakan tersebut bisa makin menarin arus investasi di tanah air.

Kemarin, digelar rapat terbatas yang membahas kemudahan berbagai izin di Indonesia. Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa peringkat kemudahan berusaha Indonesia masih rendah dibandingkan negara lain. ’’Tahun 2016 kita masuk peringkat 109 dari 189 negara yang disurvei dalam kemudahan berusaha,’’ ujar Jokowi.

Baca Juga:  Meski Masa Pandemi, Investasi Kabupaten Bandung Meningkat 12 Persen

Peringkat tersebut cukup jauh dibandingkan Singapura (1), Malaysia (18), Thailand (49), Brunei (84), Vietnam (90), dan Filipina (103). Menurt Jokowi, perlu ada perbaikan dalam hal perizinan. ’’Terkait perizinan baik yang berkaitan dengan pendirian bangunan, izin lingkungan, izin gangguan, SIUP, PDP, bisakah itu digabung menjadi satu kertas,’’ lanjutnya.

Rapat tersebut menghasilkan pemangkasan dan penyatuan beberapa izin. Seskab Pramono Anung menjelaskan, sejumlah izin bakal dihilangkan. ’’Di antaranya izin gangguan (HO), tempat usaha, izin prinsip bagi UKM, Lokasi, dan Amdal, akan kami kaji masih diperlukan atau tidak,’’ terangnya usai ratas.

Baca Juga:  Menko Airlangga Temui Sejumlah Menteri Singapura, Hasilkan Sejumlah Kesepakatan Kerjasama

Pemangkasan itu akan dibahas secara tenis di Kemenko Perekonomian dalam waktu dekat. Penerapannya nanti juga akan sampai kepada Pemda. Sehingga Mendagri diminta menjadi jembatan untuk mengatur penerapan kebijakan tersebut did daerah.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga