Cianjur Diteror Longsor

LONGSOR-CIPANA
JPG

TERJEPIT: Salah satu korban tampak terjepit di antara reruntuhan bangunan kamar Resort dan Cafe Club Bali Komplek Real Estate Kota Bunga Cipanas

Hotel Roboh, Tiga
Tamu Terimbun

bandungekspres.co.id– Hotel Club Bali, di kawasan Kota Bunga Desa Batulawang Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Rabu (9/3) dini hari, bergeser dari pondasinya karena terdorong longsoran tebing. Sebanyak delapan orang orang berhasil dievakuasi, sementara tiga lainnya dalam pencarian.
Para korban yang dievakuasi, Mistar, 30, Elviana, 36, Lanny, 34, Angelina, 4, Ester (2,5), dan Bun Sin Kim, 69, Natasya, 7, dan Dewi, 17. Sedangkan, Bun Susanto, 36, dr Mey, dan Budi masih tertimbun di dalam reruntuhan hotel.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mencatat, ketiganya berada di lantai dasar hotel tiga lantai tersebut.
”Yang selamat sudah kami berikan perawatan di tempat yang lebih aman. Sisanya, kami masih terus melakukan pencarian. ” ujar Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman Cianjur Ekspres (Bandung Ekspres Group), kemarin (9/3).
Dia mengatakan, dari sebelas orang tertimbun, sembilan orang di antaranya masih keluarga dan 3 orang lainnya tamu hotel. ”Yang baru berhasil dievakuasi baru delapan orang,” tambahnya.
Salah satu yang berhasil dievakuasi, kata dia, Dewi, 17, seorang babysister yang tertimbun reruntuhan longsor lebih dari 15 jam. Beruntung, Dewi yang masih tertimbun longsoran ini terus berkomunikasi melalui telepon seluler dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur. Sehingga hal itu memudahkan petugas untuk mencari titik timbunan.
”Kami masih kesulitan untuk mengevakuasi karena bangunan rawan ambruk, jadi harus hati-hati. Untuk sementara, Dewi dipasang pelindung kepala agar tidak terluka lebih parah,” kata Asep.
Tim juga berhasil mengevakuasi Natasya, 7. Dia berhasil selamat meski mengaku luka berat. ”Natasya sudah berhasil dievakuasi dari reruntuhan longsor. Dia mengalami luka parah dan patah tulang pada kakinya,” tutur Asep.
Asep merinci, sementara tiga korban lainnya atas nama Budi, 34, dr Mey, 42, dan Bun Sin Kim, 69, masih terjebak di dalam reruntuhan bangunan hotel tersebut.
Dia mengatakan, kerusakan dari hotel tersebut terjadi karena tebing yang di dekat hotel longsor dan menimpa bagian lobi hotel di lantai bawah dan merobohkan juga bangunan lantai atasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan