Fasilitas Dinas Tak Istimewa, Hanya Berbeda dari Spesifikasi

bandungekspres.co.id – Bupati dan Wakil Bupati Bandung H. Dadang M. Naser-Gun Gun Gunawan segera mendapatkan fasilitas dari Pemkab Bandung. Tidak ada perbedaan mendasar dalam pemberian fasilitas pada keduanya.

Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Kabupaten Bandung Dian Wardiana mengatakan, sebagian fasilitas yang diberikan kepada bupati dan wakil menggunakan bekas periode sebelumnya. Sedangkan sebagian lagi sesuai dengan pengadaan baru.

”Kalau fasilitas sama saja tidak jauh berbeda untuk pak Bupati dan pak Wakil, seperti rumah dinas jabatan beserta isinya, kendaraan dinas, perjalanan dinas, pakaian dinas dan gaji beserta tunjangan,” ujar Dian seperti dilansir galamedia.news.com di ruangan kerjanya, Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung, Soreang, kemarin (2/3).

Menurut Dian, perbedaan spesifikasi dari fasilitas yang diberikan untuk keduanya. Contohnya pada kendaraan dinas. Baik Dadang dan Gun Gun mendapatkan dua kendaraan dinas dengan merek yang sama.

”Satu jenis Jeep untuk dinas ke lapangan, satu lagi jenis sedan. Mereknya sama, yang membedakan hanya seri,” urainya.

Selain itu, lanjut dia, untuk kendaraan dinas ini Pemkab Bandung hanya melakukan pengadaan satu kendaraan dinas, jenis Jeep yang diperuntukkan bagi Gun Gun. Sementara, kendaraan bagi Dadang Naser masih menggunakan kendaraan di periode sebelumnya. ”Untuk mobil jenis Jeep mau diputihkan dulu untuk wakil bupati sebelumnya (Deden Rumaji, Red),” urainya lagi.

Dirinya menuturkan, secara aturan kendaraan dinas bagi Bupati dan Wakil Bupati bisa diputihkan atau dimiliki ketika jabatannya berakhir. Tentu saja ada mekanisme yang harus ditempuh, yakni Pemerintah Daerah melakukan lelang secara terbatas.

Lebih lanjut, kata Dian, karena satu kendaraan akan dilelang, Pemkab Bandung akan melakukan pengadaan kendaraan dinas bagi Wakil Bupati baru. Namun, pengadaan mobil dinas untuk Wakil Bupati tidak akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

”Penganggarannya sudah dilakukan, tapi belum ada harga dari LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). Rencananya akan membeli mobil merek Pajero Sport,” katanya.

Selain kendaraan dinas, Bupati dan wakil bupati Bandung juga mendapatkan fasilitas meubeuler baru di rumah dinasnya. Untuk pengadaan meubeuler baru, Pemkab Bandung menyediakan anggaran sebesar Rp 300 juta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan