Antisipasi Aksi Teror saat Pelantikan Enam Kepala Daerah Jawa Barat

Periksa Semua Undangan

bandungekspres.co.id– Sebanyak 1.300 personel Polrestabes dan Polda Jawa Barat diterjunkan untuk melakukan antisipasi ancaman pada saat pelantikan enam kepala daerah Jawa Barat di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, hari ini (17/2).

Kabag Ops Polrestabes, AKBP M. Jhoni mengungkapkan, sudah melakukan pengamanan sejak menggelar gladi bersih pelantikan kepala daerah. Pengamanan tersebut dilakukan mulai dari bagian luar gedung sampai di dalam gedung.

”Sebanyak 1.300 dari Polrestabes Bandung ditambah dari Polda Jabar dan dari TNI,” ungkap Jhoni di sela-sela kegiatan gladi bersih di Gedung Merdeka, kemarin (17/2).

Pengamanan itu, tutur Jhoni, akan dilakukan secara tertutup dan terbuka. Pihaknya mengantisipasi segala kemungkinan ancaman kejahatan dari mulai kerusuhan hingga ancaman teror. ”Pengamanan semua termasuk ancaman bom dan segala bentuk ancaman yang menggagalkan pelaksanaan pelantikan,” tuturnya.

Joni mengatakan, setiap orang yang masuk pun akan diperiksa secara ketat. Setiap orang yang masuk harus sesuai dengan surat undangan. ”Yang tidak ada kaitan dalam pelaksanaan pelantikan itu tidak akan kami akomodir masuk ke dalam,” katanya.

Bukan hanya itu, lanjut Jhoni, pihaknya pun meminta agar massa pendukung bupati/wakil bupati terpilih untuk tidak hadir dalam acara pelantikan. ”Disesuaikan saja dengan undangan, kalau yang tidak diberi undangan tidak dapat masuk ke akses wilayah pelantikan,” katanya.

Jhoni menjelaskan, dengan adanya kegiatan tersebut, beberapa titik jalan di kawasan Gedung Merdeka akan ditutup. Penutupan jalan yaitu di Perempatan Jalan Tamblong hingga ke Jalan Cikapundung Timur, Jalan Braga Pendek dan Jalan ABC. Penutupan dari mulai pukul 06.30 sampai pukul 19.00. ”Sistemnya itu seperti pelaksanaan CFD (Car Free Day) atau CFN (Car Free Night),” jelasnya.

Dengan adanya penutupan jalan ini, ucap Joni, akan memberlakukan pengaliah arus jalan. Bagi masyarakat dari arah Jalan Tamblong akan ke alun-alun (Asia Afrika) melewati Jalan Lengkong lalu belok di Jalan Dalem Kaum. Begitupun dari arah simpang lima, tidak lurus, melainkan belok ke Jalan Lengkong. ”Bagi masyarakat yang biasa melewati Asia Afrika, dialihkan dulu demi keamanan pelantikan,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan