Jokowi Temui Tiga CEO Perusahaan IT

Malamnya, Jokowi akan dijamu Obama dalam sebuah working dinner. Dalam working dinner itu, Obama bermaksud berbicara mengenai regional strategic outlook dengan komposisi pertemuan leaders +1. Retno akan mendampingi Jokowi dalam working dinner tersebut.

Sementara itu, rencana Presiden Jokowi memimpin sidang antiterorisme merupakan permintaan khusus dari Presiden Barrack Obama selaku tuan rumah. Retno menuturkan, permintaan tersebut tidak lepas dari pendekatan yang dilakukan saat teror di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, 14 Januari lalu.

’’Pendekatan soft power yang digunakan Indonesia sangat memberikan impresi (kesan) kepada negara-negara lain,’’ tutur menteri 53 tahun itu. Setiap kali dia datang ke sebuah negara, selalu ada apresiasi yang disampaikan atas penanganan teror tersebut.

Karenanya, dalam sidang nanti, Presiden akan memaparkan pendekatan yang dilakukan Indonesia dalam menghadapi teror. Selain itu, Presiden juga akan mempresentasikan bentuk kerjasama yang harus dilakukan antara ASEAN dan AS dalam menangani teror. (byu/rie)

Tinggalkan Balasan