Luncurkan Program Kedaulatan Pangan

Suta Nusantara Sosialisasi ke Petani

bandungekspres.co.id– Sentra Usaha Tani dan Agribisnis (Suta) Nusantara bersama Komunitas Usaha Pertanian (KUP) dan Badan Kordinasi Wilayah (Bakorwil) Jawa Barat me-launching program kedaulatan pangan yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Minggu (31/1) lalu.

Kegiatan sarasehan ini juga melibatkan Dirjen Kementerian Pertanian dan Peternakan RI dan dihadir juga dari asosiasi bawang mewah, asosiasi peternakan sapi dan pengolahan susu, energi alternatif dan pengelola perkebunan pohon Gaharu dari Kabupaten Bandung.

Ketua Suta Nusantara Bakorwil Jabar Adie Saputro mengungkapkan, Suta Nusantara berperan penting dalam pelaksanaan percepatan pembangunan pertanian. Tentunya dengan pelaksanaan program yang dapat memotivasi, memediasi, dan memfasilitasi masyarakat pertanian. Sehingga produksi pertanian secara kualitas dan kuantitas menjadi maksimal.

”Dalam pelaksanaan di lapangan, Suta Nusantara membutuhkan konsolidasi dan konsultasi. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan rapat terbatas di lingkungan internal Suta Nusantara bersama mitra strategis berkaitan dengan pembahasan realisasi percepatan pelaksanaan program usaha komunitas,” ungkap Adie Selasa (2/2) lalu.

Adie menjelaskan, masyarakat Jawa Barat dengan mayoritas berprofesi sebagai petani sampai saat ini belum sejahtera. Hal itu disebabkan belum maksimalnya berbagai kegiatan pertanian, baik yang dilaksanakan pemerintah maupun swasta. ”Bisa juga disebabkan karena produksi pertanian dari aspek kualitas belum maksimal,” jelasnya.

Adie mengungkapkan, kondisi tersebut memberikan efek yang cukup signifikan terhadap kesejahteraan sosial petani. Sehingga menimbulkan kesenjangan di lapangan.

Kondisi seperti itu, tidak boleh dibiarkan, pihak pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat harus secara sadar berpartisipasi aktif dalam membangun sektor pertanian untuk menciptakan ketahanan pangan dan mendorong terwujudnya kedaulatan pangan, ungkapnya.

Pelaksana kegiatan lapangan yang juga Ketua Karang Taruna Kecamatan Pacet, Erik Ruslan Fauzi mengatakan, KUP Suta Nusantara memiliki peranan untuk mewujudkan kedaualatan pangan. ”Bakorwil Jabar ikut mendorong deklarasi Taruna Tani Kabupaten Bandung,” kata Erik.

Erik berharap, kegiatan tersebut dapat mendongkrak potensi pertanian khususnya di Kecamatan Pacet, dan umumnya di Kabupaten Bandung. ”Pertemuan ini juga dihadiri para anggota Suta Nusantara yang berasal dari para pengusaha pertanian, asosiasi pedagang pasar Indonesia dan pihak lainnya,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan