Gulat Provinsi Banten Optimistis Bisa Perbaiki Rekor

TIM gulat Banten sukses meloloskan enam atlet menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016. Tidak hanya meloloskan enam pegulat, Banten bahkan mampu memboyong empat medali, yakni satu medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu pada Pra-PON yang dilangsungkan di Malang, beberapa waktu lalu.

Medali emas diraih Desi Shinta yang tampil di gaya bebas putri kelas 69 kilogram, medali perak diraih Aji Hakiki (gaya bebas putra 65 kg) dan dua medali perunggu masing-masing disumbang Fajar (gaya bebas putra 57 kg) serta Misdia Putri (gaya bebas putri 53 kg). Sementara dua atlet lainnya, yakni Samtomo (gaya grego putra 80 kg) lolos sebagai peringkat kelima dan Ronaldo Silaban (gaya grego putra kelas 54 kg) lolos sebagai peringkat keenam.

Kepala Pelatih Gulat Banten Susana Hasna Toha bersyukur timnya mampu meloloskan enam atlet menuju PON XIX Jawa Barat 2016. Hasil ini sekaligus memberi harapan peningkatan prestasi di PON nanti. ”Alhamdulillah, dengan perjuangan maksimal kami bisa menghantarkan enam pegulat ke PON nanti. Kami optimistis di PON nanti mampu memperbaiki prestasi dari PON-PON sebelumnya,” kata Susana, kemarin (27/1).

Patut berbangga, lanjut Susana, hasil di Pra PON 2015 melampaui raihan di Pra PON 2011 silam. “Pada PON XVIII Riau 2012, kami hanya mampu meloloskan empat pegulat dan hanya menyumbang satu perak dan satu perunggu. Sekarang kami fokus menjalani Pelatda dan target kami minimal ada medali emas yang kami persembahkan bagi kontingen Banten di PON nanti,” ujarnya.

Saat ini, pelatda PON berlangsung di dua tempat, yakni Tangerang dan Serang. ”Sementara waktu pelatda kami sesuaikan dengan keberadaan atlet. Tapi minimal sepekan sekali kami latihan bersama. Bisa di Serang atau di Tangerang,” tutur Susana.

Sementara itu, Manajer Gulat Banten Alfred Daenuwy mengaku optimistis gulat mampu memperbaiki prestasi di PON XIX Jawa Barat 2016 nanti. ”Kami enggan sesumbar, tapi bila melihat kualitas dan materi atlet yang lolos, optimsme kami semakin besar. Kami yakin mampu memberi yang terbaik di PON nanti. Kualitas anak-anak sangat menjanjikan. Mudah-mudahan dengan kerja keras akan menghasilkan prestasi membanggakan,”ucapnya singkat. (apw/dre/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan