42 Ribu Warga Bogor Miskin

[tie_list type=”minus”]Pemerintah Klaim Menurun[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Tren kemiskinan Kota Bogor diklaim turun 1,1 persen hingga tahun 2015. Saat ini jumlah penduduk miskin Kota Hujan mencapai 42.522 warga miskin. Perinciaannya, 17.138 warga hampir miskin dan 16.167 warga rentan miskin. ’’Perkembangan Rumah Tangga (RT) miskin Kota Bogor dari tahun 2009 sampai dengan 2015 terus menurun,” ujar Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, kemarin.

Jumlah 42.522 warga miskin kata dia, sudah dimasukan dalam sasaran pengentasan kemiskinan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Di mana dalam RPJMD, indikator kemiskinan dipatok di angka 8,3 persen. ’’Pada tahun ini akan kami upayakan turun 1,1 persen menjadi 8,19 persen,” terangnya.

Usmar mengatakan, penanggulangan kemiskinan adalah tanggung jawab bersama. ’’Kalau masih banyak masyarakat miskin berarti itu dosa kita bersama,’’ bebernya.

Karena itu, sangat penting camat dan lurah harus tahu kriteria warga yang sesuai dengan kategori kemiskinan. Dalam program ini Usmar menaruh harapan besar agar kemiskinan di Kota Bogor dapat terus menurun.

’’Angkat 1,1 persen itu moderat dan merupakan batas minimal. Dengan meningkatnya anggaran seharusnya yang dieksekusi dapat lebih besar lagi sehingga penurunannya mungkin bisa di angka 1,3 atau 1,4,” jelasnya.

Berdasarkan catatan pemkot, penurunan angka kemiskinan semakin terlihat di Kota Bogor. Pada tahun 2014 terdata sebanyak 16.424 RT sasaran miskin atau setara dengan 85.220 jiwa. Angka itu turun di tahun 2015 menjadi 9.963 RT sasaran miskin atau setara dengan 49.815 jiwa.

“Dengan anggaran yang lebih melonjak mudah-mudahan tidak ada lagi jalan setapak, jalan becek, dan rumah tidak layak huni,” harapnya.

Target penurunan kemiskinan ini sejalan dengan anggaran penanggulangan kemiskinan Kota Bogor yang naik dari tahun sebelumnya. ’’Tahun sebelumnnya kita mengaanggarkan di atas Rp 190 miliar. Namun tahun ini kita akan anggarkan sebesar Rp 240 miliar,” beber Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bogor Suharto. (cr2/vil)

Tinggalkan Balasan