Dipakai Masjid Besar, Kantor Pemkab, Hotel hingga Istana Negara

Karpet asal Kabupaten Bandung Barat

Kabupaten Bandung Barat menjadi salah satu wilayah yang memiliki unit kegiatan ekonomi kreatif rakyat bernama PT Opus Mekar Indah (OMI) yang berlokasi di RT 02 RW 06, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah sebagai tempat produksi karpet. Dimana kegiatan ekonomi rakyat ini menggeluti kerajinan karpet untuk sebuah masjid besar, kantor pemkab, hotel bahkan dalam waktu dekat akan dikirim kembali ke Istana Negara yang dipakai oleh Presiden RI Joko Widodo di Jakarta.

Laporan Hendrik Kaparyadi, KBB

Karpet kbb
Hendrik Kaparyadi/Bandung Ekspres

MANTAP: Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan pembuatan karpet, Rabu (13/1). Karpet itu telah melanglang buana hingga Istana Negara.

Sekitar pukul 10.00, sebanyak 20 orang karyawan PT OMI tengah fokus menekuni rajutan karpet yang sudah dipesan dari berbagai masjid besar di berbagai kabupaten/kota, hotel hingga karpet untuk Istana Negara. Pengerjaan karpet ini membutuhkan waktu hingga 1 bulan. Direktur Utama PT Opus Mekar Indah Uha Bahaudin mengungkapkan, produksi karpet yang digelutinya tentu memiliki kualitas terbaik. Tak hanya dikirim untuk hotel, kantor pemerintahan dan Istana Negara, tapi juga dikirim ke berbagai kabupaten/kota di Indonesia mulai dari Yogyakarta, Jambi, Solok Sumatera Barat, Aceh, Semarang, Pati, Cilacap, Lombok, Ternate, Tidore hingga Sorong Papua. ’’Di tempat produksi ini kami sudah mulai dari Agustus lalu. Tapi menggeluti usaha ini sudah bertahun-tahun. Sebetulnya karpet ini merupakan produksi asli Bandung karena mendapatkan bahan bakunya juga di sini,’’ kata Uha di tempat produksi, kemarin.

Dia menyebutkan, proses pembuatan yang dilakukannya dengan cara handmade tufting (manual tangan dengan bantuan alat rajut tufting). Sementara, jika dilihat secara umum proses membuat karpet itu ada beberapa cara. Pertama, dengan cara handmade (manual tangan), handmade tufting (manual tangan dengan bantuan alat rajut tufting), custom (merujuk pada ukuran dan pesanan dengan model bebas yang dikerjakan dengan tangan dan alat perajut tufting) dan menggunakan khusus mesin. ’’Nah kita menggunakan cara handmade tufting,’’ paparnya seraya menyebutkan bahan yang dipakai merupakan bahan wol atau kanvas serta bahan afrilik (bulu domba).

Tinggalkan Balasan