Kopris Tembus Aset Setengah Miliar

bandungekspres.co.id– Ada suasana berbeda saat sekitar seratus orang anggota Koperasi Rukun Isteri (Kopris) PKK Kelurahan Cimahi melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), yang digelar di Aula Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi, Sabtu (9/1) kemarin.

Koperasi yang seluruh anggotanya ini kaum perempuan tampak antusias mengikuti jalannya RAT yang dilaksanakan itu. Kopris merupakan koperasi yang berada di lingkungan Kelurahan Cimahi Kecamatan Cimahi Tengah.

Ketua Kopris Hj Pipih Rafiah mengungkapkan, hingga 31 Desember 2015 lalu, Kopris memiliki aset senilai Rp 485. 053 juta yang diperoleh dari hasil kegiatan usaha yang dilakukan oleh pengurus koperasi. Sementara pada tahun buku 2015 Sisa Hasil usha yang diraih nilainya sebesar Rp 102 Juta lebih yang dibagikan kepada para anggota.

”RAT yang kami laksanakan sebagai forum untuk menyampaikan laporan pertanggung jawaban pengurus kepada anggota koperasi,” jelasnya, kemarin.

Koperasi yang beralamat di Jalan Terusan nomor 40 A ini melakukan pengembangan usaha di bidang simpan pinjam, yang dimulai pada 2010, dengan simpanan pokok Rp 20 ribu. Kemudian, simpanan wajib Rp 20 ribu dan iuran sosial sebesar Rp 3 ribu. Selain simpanan sukarela atau titipan untuk menghimpun dana.

”Kami juga melaksanakan usaha kredit barang walaupun masih bersifat incidental, belum mencakup seluruh kebutuhan anggota karena dana yang tersedia masih terbatas,” katanya.

Tak hanya itu, kata Pipih, untuk mengembangkan sumber daya manusia pengurus, Kopris melakukannya dengan cara mengikuti berbagai kegiatan pelatihan baik yang dilaksanakan oleh Diskopindagtan maupun Dekopinda. Hal itu dilakukan karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan dan kemajuan koperasi.

Pada Hari Koperasi 2015, Kopris berhasil mendapatkan penghargaan sebagai koperasi berprestasi dan melaksanakan RAT tepat waktu. ”Pada RAT tahun ini kami bisa menjadi koperasi ketiga yang melaksanakan RAT tepat waktu,” paparnya.

Memasuki 2016 ini, selain melaskanakan kegiatan yang sudah berjalan, Kopris ingin meningkatkan kegiatan usaha pemberian kredit kepada anggota dengan nilai yang lebih besar. Kemudian, komunikasi yang lebih intensif dengan cara pengurus memberikan informasi kepada anggota setiap bulan. (bun/rie)

Tinggalkan Balasan