RSKB Minta Diperhatikan

[tie_list type=”minus”]Jangan Hanya Terpusat di Kota[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Pelestarian Seni dan Budaya di Kabupaten Bandung perlu dikembangkan dari berbagai sisi. Forum silaturahmi seniman dan budfayawan Kabupaten Bandung (RSKB) minta dukungan pemerintah kabupaten Bandung. Salah satunya dengan didirikannya sanggar seni dan budaya di Desa Cipeujeuh Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung.

Penyair Ridwan CH Madris yang juga pengasuh sanggar seni itu mengatakan, pengembangan seni dan budaya di Kabupaten Bandung jangan hanya dikembangkan pusat kota saja. Namun daerah timur pun perlu diperhatikan.

”Desa Cipeujeuh Kecamatan Pacet juga Kabupaten Bandung makanya kami ingin ada pengembangan yang merata di sisi pelestaraian seni dan budaya di Kabupaten Bandung ini,” ujar jebolan STSI Bandung ini.

Dukungan paguyuban seni dan budaya yang sama ada di kabupaten Bandung yakni Paguyuban senaiman dan budayawan (Paseban). Dia menilai Paseban sama halnya dengan RSKB. Namun demikian, wajar jika porsi yang diberikan pemkab Bandung kepada RSKB tidak seperti yang didapatkan oleh Paseban.

Ketua Paseban Kecamatan Dayeuhkolot Rudiana mengatakan, para seniman di kabupaten Bandung yang tergabung di RSKB pada 26 Desember lalu menggelar deklarasi dan silaturahmi seniman di tugu pahlawan Toha. Dalam acara itu bentuk perhatian seniman dan budayawan dimana situs sejarah dan pusat situs kesenian dan kebudayaan Kabupaten Bandung. Karena itu, wajar jika para seniman ingin mengingatkan kembali akan keberadaan tugu itu agar semakin dikenang.

”Kami yakin dengan silaturahmi sekaligus deklarasi ini seluruh masyarakat akan kembali diingatkan bahwa kita memiliki pahlawan yang tangguh dalam memerdekakan republik ini. Nah momen itulah kami buatkan sebagai bentuk silaturahmi antar seniman dan budayawan di kabupaten Bandung. Hasilnya alhamdulilah sukses,”kata mantan Kades Dayeuhkolot itu.

Dia mengatakan pementasan yang menjadi ciri deklarasi seniman itu dimeriahkan dan didukung dengan gelar seni pertunjukkan teater, tari, baca puisi, dratisasi dan jeprutisasi. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri anggota DPD RI Eni Suimarni dan anggota DRD Kabupaten Bandung Hj Toriqoh. Kedua politisi itu masing-masing membacakan puisi Pahlawan Toha. (gun/rie)

Tinggalkan Balasan