Gagal Wujudkan 1.000 Taman

bandungekspres.co.id – Rencana Pemerintah Kota Bekasi untuk membuat seribu taman pada tahun 2015 lalu, ternyata cuma sebatas angan-angan saja dan masih jauh dari harapan. Buktinya, hingga saat ini baru ada empat taman yang tersedia.

Sehingga bisa disimpulkan, Pemkot Bekasi gagal dalam program pembuatan seribu taman di Kota Patriot ini.

Kepala Dinas Pertamanan Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum Karto berkilah, tidak terealisasinya pembuatan seribu taman pada tahun 2015 lalu, karena belum didukung ketersediaan anggaran.

’’Anggaran yang tersedia pada tahun 2015 hanya Rp 800 juta. Bagaimana mungkin dengan anggaran sebesar itu bisa untuk membangun seribu taman. Dana tersebut hanya dapat membuat empat taman yang saat ini berada di Perumahan Narogong, Titian, Kelurahan Jatirahayu, dan Perumnas 3 Jatiwaringin Jaya,” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya akan melanjutkan pembangunan seribu taman tersebut pada tahun ini dengan anggaran yang sebesar Rp12 miliar. “Dengan anggaran sebesar itu, paling hanya bisa untuk membangun ratusan taman saja,” tukas Karto.

Dia beralasan, pembuatan seribu taman itu juga tidak akan langsung selesai dalam setahun. “Untuk mewujudkan seribu taman di Kota Bekasi ini paling lambat sampai tahun 2018. Karena tentunya untuk membangun seribu taman perlu anggaran yang sangat banyak dan dilakukan secara bertahap,” ucapnya belum lama ini.

Dijelaskan Karto, adapun lokasi taman yang akan dibangun pada tahun 2016 ini ada di beberapa titik, di antaranya, Jalan KH Noer Ali, Jalan Cut Meutia, Jalan Ahmad Yani, Jalan Chairul Anwar, serta beberapa wilayah kecamatan. ”Kami lebih prioritaskan di pedestrian, karena bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum. Jadi, setelah pembuatannya sudah rampung, akan ada penyerahan aset kepada Pemkot Bekasi,” pungkasnya. (and)

Tinggalkan Balasan