Perayaan Tahun Baru Secara Sederhana

[tie_list type=”minus”]Pusatkan di Satu Titik[/tie_list]

bandungekspres.co.id – Sederhana. Itulah yang menjadi tema pergantian tahun sekarang mengingat kondisi bangsa yang belum cukup baik pasca diterpa krisis ekonomi beberapa waktu lalu.

Maka itu, menyambut pergantian tahun baru, Pemerintah Kota Bandung akan menyelenggarakannya secara sederhana di kawasan Asia-Afrika, Kamis (31/12) malam. Dalam perayaan tersebut, panitia tidak menyediakan kembang api yang kerap diledakkan saat detik-detik pergantian tahun atau hitung mundur.

’’Kita usulkan tiga malam berturut-turut, namun sekarang disepakati hanya satu malam saja. Kita ikuti instruksi Presiden Jokowi untuk mengadakan secara sederhana,” tukas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Herlan J. Sumardi, Sabtu (26/12).

Kegiatan dipusatkan di kawasan Asia-Afrika, Jalan Dr.Ir. Sukarno hingga Alun-alun serta dimulai pukul 17.00. Herlan menyatakan, konsep yang digunakan mirip dengan Car Free Night. Di dalamnya terdapat sajian kuliner, pertunjukkan musik juga seni budaya.

Herlan mengaku, perayaan sengaja dipusatkan di kawasan Asia-Afrika agar masyarakat tumplek di satu titik. Meski begitu, tiap kecamatan di Kota Bandung bakal membuat acara serupa. ’’Tapi saya belum dapat laporannya, kecamatan mana saja yang bikin car free night,” tukasnya.

Sesuai himbauan kepolisian untuk menyalakan kembang api sederhana, pada pergantian tahun dipusat Kota Bandung ini panitia tidak siapkan kembang api. Hanya saja, bila ada masyarakat yang akan membawa, pihaknya tidak melarang asal tidak membahayakan.

Menyoal pesta perayaan malam pergantian tahun di tempat-tempat hiburan malam, Herlan memprediksi tidak akan terlalu menyedot perhatian masyarakat. ”Diperkirakan akan sepi. Warga kebanyakan akan memilih dan menghabiskan malam tahun baru secara outdoor,” imbuh Herlan. (edy/vil)

Tinggalkan Balasan