Hama Keong Merajalela

[tie_list type=”minus”]Petani Terancam Gagal Panen[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Puluhan hektar Sawah di Desa Malakasari, Kecamatan Balendah Kabupaten Bandung terancam gagal panen. Pasalnya di musim penghujan ini areal pesawahan di desa tersebut diserang hama keong.

Aceng suryana salah seorang petani mengungkapkan, puluhan hektar sawah yang ditanami padi banyak yang rusak di akibatkan oleh hama keong. Dia mengatakan, sudah tiga kali menanam, namun selalu rusak. ”Gagal terus karena diserang keong,” ucapnya saat memantau sawah tersebut, kemarin (25/12).

Aceng mengatakan, dari 65 tumbak sawah padi miliknya, yang baru ditanam mati semua. Sehingga harus ditanami kembali dengan benih padi yang baru. ”Saya berharap ada perhatian dari pemerintah untuk membantu petani yang ada di wilayah kami,” katanya.

Selain Aceng, salah seorang petani, Ade Arifin menjelaskan, bahwa dirinya memiliki 5 hektar sawah dan rusak semuanya. Dia mengatakan, kerusakan tersebut bukan hanya terjadi pada dirinya. Tapi milik petani lainnya pun sama dengan total sekitar 20 hektar sawah di wilayah Malakasari terancam gagal panen.

”Saya, sudah hampir habis Rp 20 jutaan lebih, untuk beli bibit, pupuk dan lain-lainnya. Beberapa kali ditanami selalu habis terus. Hama keongnya semakin banyak, sawah pun hancur,” jelasnya.

Ade berharap, semoga pihak pemerintah dengan cepat menanggulangi masalah ini. Sebab, jika didiamkan para petani akan mengalami kerugian besar.

Sementara itu, Syamsudin koordinator UPTPPP Kecamatan Baleendah mengatakan, pihaknya akan melakukan peninjauan ke lokasi tersebut untuk melakukan penanganan. ”Kami sudah memesan obat pembasmi hama keong namun barangnya masih belum ada, jadi kami berharap para petani untuk bersabar,” katanya.

Syamsudin menjelaskan, pihaknya akan secepatnya melakukan sosialisasi ke para petani melalui kelompok tani yang ada di wilayah Malakasari. ”Memang jika dibiarkan, kerusakan akan tambah parah,” tandasnya. (yul/rie)

Tinggalkan Balasan