Luncurkan Dai Kamtibmas untuk Cegah Radikalime

[tie_list type=”minus”]Polres Bandung Gelar Rakor Natal dan Tahun Baru[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Polres Bandung telah mengelar rapat koordinasi kesiapan pengamanan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Sekaligus melaksanakan pengukuhan terhadap kepengurusan Dai Kantibmas dan pelatikan Ketua Dai Kamtibmas Periode 2015-2020 oleh Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan, SIK., M. hum, di Gedung Sabilulungan Mapolres Bandung, Jalan Bhayangkara No 1 Soreang, Kabupaten Bandung, kemarin (22/12).

Kegiatan tersebut dihadiri para Kasat Polres Bandung, kapolsek se-wilayah, para ketua dai kecamatan, Muspida, Dandim 0609 diwakili, Danlanud Sulaiman diwakili, kepala Jasa Raharja, dan para pengelola tempat wisata yang berada di Kabupaten Bandung.

Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan mengatakan, rapat koordinasi ini dengan tujuan mengajak instansi-instansi terkait secara bersama-sama dan bersinergi untuk menghadapi pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Sebab kita nanti membutuhkan penanganan yang bersama sama. Bukan hanya pihak kepolisian tetapi, pihak TNI, pemerintah daerah, MUI, BPBD. karena mungkin bencana dalam menghadapi operasi lilin, seperti, banjir, longsor dan sebagainya,” papar Erwin kemarin.

Dia mengatakan, dengan rapat tersebut pihaknya bisa bertukar pikiran menyatukan langkah, serta mempersiapkan sarana pra sarana. Termasuk koordinasi ketika terjadi kecelakaan atau bencana,” urainya sambil menambahkan, pelaksanaan Serpas akan dilaksanakan hari ini (23/12) di Mapolres Bandung.

Secara teknis, Kapolres menjelaskan, akan menerjunkan 1.632 personel yang bergabung dengan rekan-rekan Bawah Komando Operaso (BKO) TNI dan instansi terkait dan akan mendirikan 12 pos Pam yang berdekatan dengan kerawanan. Seperti jalur kerawanan kemacetan, kerawanan kriminalitas, bencana alam, wisata yang akan ramai dikunjungi oleh masyarakat, dan membuat 2 pos pelayanan. ”Termasuk mengamankan 14 gereja yang mengadakan kegiatan,” ucapnya.

”Kita pun akan koordinasikan dengan pendeta dan para pengurus gereja untuk menyerahkan jadwal ke masing-masing Polsek untuk melaksanakan pengamanan kebaktian dan yang setiap mereka lakukan,” jelasnya.

Selain kegiatan rapat koordinasi, Polres Bandung mengadakan pengukuhan Dai Kantibmas. Harapannya, kegiatan yang sifatnya terutama prentif, mengimbau terkait antisipasi paham radikal bisa ditekan.

”Upaya pencegahan tidak hanya dari pihak kepolisian. Tapi kami manfaatkan dai-dai untuk lebih membaur ke masyarakat supaya memberi pemahaman agama. Sebab, secara agama yang menguasai adalah Dai Kamtibmas,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan