El Barca Campeon Del Mundo

bandungekspres.co.id– Diawali dengan menaklukkan kompetisi domestik, kemudian menjinakkan panasnya persaingan Eropa, Barcelona akhirnya menutup tahun 2015 dengan menjuarai Piala Dunia antar Klub di Jepang. Itu dipastikan usai mengalahkan raksasa Argentina, River Plate, dengan skor 3-0 di International Stadium, Yokohama, Jepang, sore kemarin. Total, di sepanjang tahun ini, Barcelona mengoleksi lima trofi berbeda yang mereka menangkan di level domestik, Eropa, dan dunia.

Kekhawatiran sempat melanda kubu Barcelona sebelum laga dimulai. Pasalnya, dua penyerang utama Lionel Messi dan Neymar masih diragukan kondisi kebugarannya usai pulihvdari cedera. Namun, pada hari H, pelatih Luis Enrique menurunkan kedua penyerang itu untuk mendampingi Luis Suarez yang baru saja mencetak hatrick saat Barca menghajar Guangzhou Evergrande, tiga gol tanpa balas di babak semifinal.

Sementara, River, yang didukung langsung oleh 15.000 fans fanatik mereka, memulai laga dengan memainkan Matias Kranevitter. Ini adalah laga terakhirnya bersama rekan-rekannya sebelum dirinya bergabung dengan Atletico Madrid, Januari nanti. Pelatih River Marcelo Gallardo juga tidak memainkan Javier Saviola, pemain yang pernah menjadi pujaan warga Catalan saat dirinya membela Barcelona periode 2001 hingga 2007.

Sebelum pertandingan, Gallardo menginstruksikan para pemainnya untuk bertanding dengan hati besar. Sebab, menurutnya, itulah salah satu kunci mengalahkan tim pemenang Liga Champions. Performa River di awal laga memang sempat meyakinkan. Para pemain mampu menekan Azulgrana dan bermain rapat. Mereka tidak memberikan kebebasan bagi trio MSN maupun barisan gelandang Barca untuk bermain leluasa.

Tapi performa yang diperagakan tim pemenang Copa Libertadores itu tak mampu bertahan lama. Kesabaran dan kecerdikan para pemain Barca perlahan bisa membongkar rapatnya pertahanan River. Messi menjadi pemain pertama yang mengancam gawang River. Beruntung, kiper Marcelo Barovero masih mampu menahan dua tendangan Messi yang terjadi di pertengahan babak pertama.

Pada percobaan ketiga, Barovero tak mampu berbuat apa-apa. Messi kali ini tak memberikan ampun kepadanya. Mendapat umpan hasil tandukan Neymar, La Pulga sukses menyarangkan gol untuk membawa Barca unggul 1-0 di babak pertama. Itu adalah gol ketiga Messi sepanjang keikutsertaannya di final Piala Dunia antar Klub.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan