Abramovich Palu Mourinho, Terima Pesangon Nyaris Rp 1 Triliun

bandungekspres.co.id– Chelsea FC akhirnya memecat pelatih Jose Mourinho, tujuh bulan setelah pria Portugal itu membawa The Blues menjuarai Premier League. Pemecatan itu diumumkan secara resmi Chelsea melalui situsnya, Kamis (17/12). Pria yang dijuluki ‘The Special One’ tersebut gagal mengangkat performa Chelsea musim ini, meski timnya berstatus sebagai juara bertahan. Dari 16 pertandingan di Premier League musim ini, Chelsea hanya mampu meraih empat kemenangan. Sisanya, ’Si Biru meraih tiga hasil imbang dan sudah sembilan kali kalah.

mou
GELISAH: Pelatih Chelsea Jose Mourinho tampak kesal karena timnya mengalami
kekalahan. Atas dasar itu, Mou dipecat dan hanya mendapat sebagian pesangonnya.

Kekalahan terakhir Chelsea dan Mourinho didapat dari Leicester City (1-2), yang dilatih oleh eks manajer Chelsea, Claudio Ranieri, pada akhir pekan lalu. Kekalahan tersebut membuat Chelsea hanya terpaut satu angka dari zona degradasi.

Dengan didepaknya Mourinho, Roman Abramovich pun harus mengeluarkan uang besar. Untuk uang pesangonnya, Abramovich harus mengeluarkan uang sebesar 40 juta poundsterling atau setara dengan Rp 848,9 miliar. Ini adalah pemecatan kedua Chelsea pada manajer berusia 52 tahun itu. Yang pertama dilakukan pada 20 September 2007, atau tiga tahun tiga bulan setelah dia pertama kali diboyong ke Stamford Bridge. Di periode pertamanya itu Mourinho memberikan dua titel Premiership, satu Piala FA, dan satu Piala Liga.

Ia kembali direkrut sebagai arsitek klub London itu pada musim panas 2013. Semusim kemudian (2014/2015) dia berhasil mengantarkan lagi Chelsea ke tangga juara Liga Inggris. Pep Guardiola, Guus Hiddink, Brendan Rodgers, dan Juande Ramos disebut-sebut jadi kandidat pengganti dia saat ini. Masalahnya, siapa yang berani ambil risiko dengan posisi Chelsea yang sudah sedemikian parah.

Ini semacam pengadilan in absentia. Kemarin, waktu London, pemilik Chelsea Roman Abramovich kabarnya menggelar pertemuan darurat dengan jajaran direksi klub. Pertemuan itu membahas masa depan pelatih Jose Mourinho yang, di tempat terpisah, sedang ketar-ketir menanti hasil pertemuan tersebut.

Roman gusar dengan rangkaian hasil buruk yang diraih timnya musim ini. Teranyar, The Blues dipermalukan Leicester City dengan skor 2-1. Posisi tim terjerumus ke peringkat 16, hanya unggul satu poin saja dari tim penghuni zona degradasi. Ini menjadi musim terburuk Chelsea sejak 1978.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan