Abramovich Palu Mourinho, Terima Pesangon Nyaris Rp 1 Triliun

Roman tentu tak ingin menyaksikan timnya, yang berstatus sebagai juara bertahan Premier League, harus bergulat di zona degradasi. Risikonya akan sangat besar. Karena itu, harus ada yang bertanggungjawab atas keterpurukan ini. Dan Mourinho adalah sosom yang paling pantas mengemban tanggung jawab itu.

Pilihannya hanya dua bagi Abramovich: mempertahankan, atau memecat Jose yang kontraknya baru akan berakhir pada Juni 2019 mendatang. Keduanya sama-sama memiliki resiko. Yang jelas, jika memecat Mourinho, Roman harus membayar kompensasi sekitar 40 juta poundsterling yang di antaranya mencakup gaji Mourinho sebesar 250.000 poundsterling per pekan.

Hal inilah yang menjadi dilema bagi Abramovich. Dia harus mengeluarkan dana besar untuk memecat Jose. Sebaliknya, jika dipertahankan, kans The Blues untuk bangkit, sangat kecil. Ruang ganti tim sudah hancur. Para pemain kehilangan kepercayaan terhadap The Special One. Begitupun sebaliknya.

Itu dipicu oleh pernyataan-pernyataan pedas Mou kepada anak asuhnya. Contohnya, setelah kekalahan dari Leicester, Mou kepada wartawan mengatakan bahwa dirinya dikhianati oleh para pemainnya sendiri. Tak cukup dengan serangan itu, kemarin Mou kembali mengkritik anak asuhnya.

”Beberapa dari mereka (pemain) harus memikirkan lagi cara mereka membela Chelsea, cara mereka bermain sepak bola dan cara mereka melakukan pekerjaannya. Chelsea tim besar, sepak bola adalah passion. Setiap laga Anda harus bermain dengan passion yang besar,” kata Mourinho kepada Chelsea TV.

”Berapa juta orang yang bermimpi menjadi pesepak bola dan mereka gagal? Para pemain tak boleh membuang setiap menit ketika di lapangan, mereka seharusnya menikmati setiap menitnya dan memberikan segalanya. Benar, saya kecewa dengan sejumlah pemain,” kata bekas pelatih FC Porto, FC Internazionale dan Real Madrid.

Komentator Sky Sports yang juga pernah malang melintang melatih di Premier League, Jamie Redknapp, menilai pernyataan Mou itu hanya akan membuat dirinya semakin kehilangan kendali di ruang ganti tim. ”Atmosfirnya semakin tidak menyenangkan dan Jose harus melakukan banyak hal untuk memulihkan situasi saat ini,” komentar Redknapp.

”Pilar tim seperti John Terry, Nemanja Matic, Eden Hazard, dan Diego Costa, bermasalah dengan Mourinho dan saya terkejut dengan pernyataan Mourinho usai kekalahan dari Leicester. Jika sebelumnya dia masih memegang kendali di ruang ganti, saat ini hal itu tak lagi dia kendalikan sepenuhnya,” imbuh Redknapp. (ish/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan