Presiden-Wapres Siap Beri Keterangan

Sejumlah pertanyaan terkait rekaman dilontarkan beberapa anggota MKD kepada Luhut. Anggota MKD dari Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat Syarifuddin Sudding yang pertama menanyakan hal itu. Sudding bertanya bagaimana pandangan Luhut saat disebut di rekaman terkait proyek pembangunan pembangkit listrik di Papua. Tidak ada jawaban tegas dari Luhut soal itu. ”Saya tidak tahu soal itu, tanya saja ke yang bersangkutan,” kata Luhut.

Saat ditanya apakah mengenal Muhammad Riza Chalid, pengusaha yang terlibat dalam rekaman yang dibuat Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, Luhut mengiyakan. Dia menyebut hubungannya dengan Riza adalah sebatas bisnis, namun makin dekat saat Riza aktif di Koalisi Merah Putih. ”Karena posisi saya di pemerintahan, saya berhubungan dengan saudara Riza di KMP, bagaimana hubungan KMP dengan pemerintah,” ujarnya.

Namun, saat ditanya soal pernyataan Riza dalam rekaman, terkait permintaan saham yang menyebut nama dia, Luhut kembali menjawab defensif. ”Yang Mulia tanya saja sama Riza,” jawabnya dengan nada melawan.

Anggota MKD Akbar Faizal bertanya apakah Luhut pernah mendengarkan rekaman percakapan antara Novanto, Riza, dan Maroef. Luhut menjawab bahwa dirinya baru mendengar sepotong-sepotong rekaman itu melalui televisi. Akbar bertanya terkait pernyataan Novanto yang menyebut Luhut pernah bertemu Presdir Freeport Jim Bob di Amerika.

”Saya memang pernah bertemu Jim Bob, berbicara bisnis. Saya tanya dia kenapa memilih saya, karena ada huru hara di Timika. Namun kerjasama itu tidak berlanjut karena tidak disetujui pemerintah,” ujarnya.

Akbar bertanya soal penyebutan nama Luhut sebanyak 66 kali dalam rekaman. Namun, Luhut tidak bersedia menjawab dengan meminta Akbar mengklarifikasi kepada Novanto atau Riza. Tak puas, Akbar bertanya soal pendapat pribadi Luhut karena ikut disebut-sebut dalam rekaman.

Anggota MKD Guntur Sasono menyayangkan posisi Luhut yang terkesan cari aman. Sebagai Menko, wajar jika Luhut kenal dengan Novanto. Bahkan, wajar jika Luhut yang juga purnawirawan Jenderal kenal dengan Jim Bob yang juga mantan tentara. Namun, seharusnya keterangan Luhut bisa lebih terbuka di sidang MKD.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan