Ingatkan Dampak Kerusakan Lingkungan Melalui Lomba Video Feature

bandungekspres.co.id– Selain sebagai ajang meningkatkan minat dan bakat para sineas dan seniman, lomba Video Feature bertujuan pula untuk mengingatkan tentang dampak kerusakan lingkungan di Jawa Barat. Pasalnya, saat ini kondisi lingkungan di Jabar banyak yang rusak akibat ulah manusia. Hal ini seperti dikatakan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

demiz
MEMANTAU: Wagub Jabar Deddy Mizwar komitmen menjaga lingkungan.

”Katanya bumi Pasundan, Jawa Barat ini diciptakan pada saat Tuhan tersenyum. Sekarang masih tersenyum ga kira-kira?,” ucap Deddy ketika membuka lomba Video Feature di Jalan PH Mustofa, kemarin (7/12)

Menurutnya, Di bumi Pasundan dewasa ini, kerusakan lingkungan memang menjadi konsekuensi logis dari perkembangan dan pertumbuhan cepat manusia di berbagai bidang. Karena itulah kelangsungan kelestarian lingkungan terabaikan.

Untuk itu kata dia, keadaan seperti ini bila dibiarkan tanpa adanya antisipasi akan mempengaruhi kualitas hidup manusia. Maka, bekerjasama dengan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Biro Humas Protokol, dan Umum, mencoba menggali berbagai kerusakan lingkungan di Jawa Barat, dalam bentuk reportase Audio Visual dengan mengadakan Lomba Video Feature tersebut.

Dari video yang terkumpul, dapat dilakukan assesmen mengenai berbagai kerusakan lingkungan yang terjadi di Jawa Barat. Disisi lain, dengan sistem kompetisi ini juga, diharapkan dapat menggali potensi sekaligus melatih kepekaan jurnalis televisi, sekaligus masyarakat pada umumnya untuk peduli. Kemudian secara aktif berkehendak untuk turun langsung menjadi pemerhati lingkungan.

Maka dari itu, ia berharap kegiatan ini untuk dikembangkan lebih luas lagi. Agar tak hanya jurnalis televisi, berbagai lapisan masyarakat pun dapat turut serta tertarik untuk menjadi pemerhati lingkungan.

”Saya pikir ini harus dikembangkan lebih jauh, lebih luas pada masyarakat. Apalagi dengan tema-tema seperti ini, tentang lingkungan hidup,”kata Deddy.

Selain itu, dengan cara menggerakkan partisipasi masyarakat dalam mencegah kerusakan lingkungan sangat perlu adanya upaya secara bersama-sama membangkitkan kesadaran masyarakat.

Dengan adanya gerakan ini pula lanjut dia, akan lebih bagus apabila muncul komunitas-komunitas peduli lingkungan. Termasuk juga masyarakatnya.

Tinggalkan Balasan