Kirim Bilik dan Kotak Suara ke PPS

SOREANG – Logistik Pilkada Kabupaten Bandung mulai didistribusikan ke sejumlah panitia pemungutan suara (PPS) di desa. Setelah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari KPU baru-baru ini.

LOGISTIK
Igun ruchiyat/bandung ekspres

DATA ULANG: Anggota PPK sedang melakukan pengecekan ulang logistik yang diterimanya dari KPU Kabupaten Bandung, baru-baru ini.

Komisioner KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan, pengiriman logistik surat suara yang dikirimkan ke PPS baru berupa bilik dan kotak surat suara. ”Yang lainnya dikirimkan ke PPS berupa surat suara dan perlengkapan lainnya yaitu pada H – 3,” terang Agus kepada Soreang Ekspres (grup Bandung Ekspres) kemarin (4/12).

Dia mengaku, sejumlah logistik yang dikirimkan itu ada dari pusat dan ada juga yang dari PPK. Yakni, surat suara dari KPU Kabupaten Bandung dan lainnya dari PPK.

Agus menegaskan, pegiriman logistik Pilkada harus tuntas satu hari. Teknisnya, penyaluran logistik itu menggunakan lima mobil untuk dikirmkan ke seluruh pelosok kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung.

”Pengiriman ini harus tuntas satu hari, yakni Selasa. Sebab, akan digunakan Rabu saat pencoblosan nanti. Karena itulah kami mainta aparat kepolisian untuk mengawalnya selama di perjalanan agar berjalan aman dan lancar,” terang dia.

Untuk suksesnya pengiriman yang dilakukan KPU itu pihaknya melakukan briefing sebelum keberangkatan tim. Dalam briefing pihaknya berkali-kali menegaskan, agar seluruh petugas distribusi surat suara mengetahui medan pengiriman dan menginventarisir lokasi PPK yang akan didatangi.

Hal ini perlu dilakukan karena untuk efisiensi waktu dalam menjelajah lokasi kecamatan tujuannya. ”Para ketua PPK se-Kabupaten Bandung juga telah diintruksikan untuk menerima logistik surat suara. Selanjutnya mereka diminta untuk menjaga surat suara yang telah diterima di PPK,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panwas Margaasih Burhanuddin mengatakan, pengawasan distribusi surat suara itu telah diinstruksikan kepada jajaran panwas dan pengawas pemilihan lapangan (PPL). Dikatakannya, pengawasan perlu dilakukan dalam pendistribusian demi keutuhan dan kesuksesan surat suara yang dialokasikan PPK ke PPS desa.

”Di kecamatan kami juga menginstrusikan kepada PPL untuk bersama sama mengawasi distribusi logistik pilkada, khsusunya surat suara nanti. Panwas tidak ingin pelaksanannya nanti terganjal oleh hal yang merugikan seluruh pasangan,” tandasnya. (gun/rie/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan