oleh

Mengunjungi Ake Sahu, Kolam Air Panas Berkain Merah

Ikat Kain untuk Sembuh dan Enteng Jodoh

Pantai Ake Sahu yang berada di Kelurahan Tosa, Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, terbilang unik. 10 meter dari bibir pantai, terdapat sebuah kolam air panas alami. Ake Sahu, begitu warga menamainya. Dipercaya mampu mengabulkan permintaan, kolam ini dipenuhi potongan kain merah yang dibawa pengunjung.

Safri Noh – Tidore

Jajaran pohon Ketapang (Terminalia catappa) merimbuni kawasan wisata Pantai Ake Sahu. Beberapa pondok makan sederhana dibangun di pantai sepanjang 1 kilometer itu. Dari pusat Kota Soa Sio, Pantai Ake Sahu dapat dicapai dalam waktu 15 menit dengan kendaraan bermotor. Pada hari kerja seperti kemarin, pantai berpasir putih tersebut tampak sunyi. Hanya ada seorang penjaga pantai dan beberapa warga lokal yang duduk-duduk menikmati rindangnya pepohonan.

Baca Juga:  Evakuasi KRI Nanggala-402 Masih Diupayakan

Ake Sahu tak hanya menawarkan pesona pantainya yang masih alami. Tak jauh dari bibir pantai, terdapat sumber mata air panas seluas 4×5 meter. Nama Ake Sahu yang dalam bahasa lokal Tidore berarti ”air panas” pun disematkan. Beberapa warga juga tampak sedang berendam di kolam saat Malut Post berkunjung. ”Kalau bukan musim liburan, biasanya warga sekitar yang rutin mandi di sini,” ungkap Bakar Muhammad, warga Tosa yang dipercayakan menjadi penjaga Pantai Ake Sahu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga