Dewan Setujui Relokasi Sekolah

[tie_list type=”minus”]Alokasi Anggaran Pembangunan Melalui APBD[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Meski sempat menuai pro dan kontra, akhirnya DPRD Kota Cimahi menyetujui relokasi pembangunan SD Baros Mandiri 3 yang terletak di RW 10 Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah. Pasalnya, hal ini dilakukan demi kelangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi Wahyu Widyatmoko membenarkan jika dewan sudah menyetujui relokasi sekolah tersebut ke lokasi baru. Sebab, lahan yang digunakan saat ini akan rencananya akan digunakan pemiliknya.

”Benar, kami sudah menyetujui relokasi SD Baros Mandiri 3 tersebut ke lokasi yang baru, ”jelas Wahyu, belum lama ini.

Selain sudah menyetujui relokasi, dewan juga sudah menyetujui alokasi anggaran dari APBD senilai lebih dari Rp 2,5 Miliar. Meski begitu, dewan berharap pemindahan siswa dari sekolah yang lama ke lokasi baru tidak dilakukan tergesa-gesa, tetapi menunggu seluruh siswa di sekolah tersebut lulus. ”Setelah seluruh siswa di sekolah tersebut lulus semua, baru pindah ke lokasi yang baru,” katanya.

DPRD juga meminta agar Sekolah lama bisa diupayakan menjadi aset kota, sehingga bisa digunakan lagi untuk kegiatan pemerintahan atau kegiatan pendidikan lainnya di Kota Cimahi. Dengan demikian, tidak terjadi pengurangan aset di Kota Cimahi. ”Meskipun ada rencana sekolah tersebut direlokasi, tetapi sekolah lama juga tetap menjadi aset Pemerintah Kota,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Penddikan Dasar Disdikpora Kota Cimahi Siti Fatonah menjelaskan, pada tahun ini pembangunan SD Baros Mandiri 3 baru akan dibuatkan fondasi saja. Hal ini mengingat keterbatasan anggaran yang ada, karena setidaknya ada tiga sekolah yang akan dilakukan rehab, yaitu SD Cimindi Mandiri, SD Cibabat Mandiri 5 serta SD Baros Mandiri 3. ”Benar pada tahun ini akan dimulai pembangunan SD Baros Mandiri 3 tapi baru tahap pembangunan Fondasi saja,” jelasnya.

Namun, untuk tahun anggaran 2016, Disdikpora harus melakukan dua pembangunan SD lagi yaitu SD Cimindi Mandiri dan SD Cibabat Mandiri 5, sedangkan lanjutan pembangunan SD Baros Mandiri 3 direncanakan akan dilakukan pada tahun anggaran 2017. ”Setelah relokasi SD Baros Mandiri 3 ini disetujui DPRD, baru kami melakukan pembangunannya, saat ini baru selesai pembangunan jembatan dan dilanjutkan dengan pembangunan fondasinya,” pungkasnya. (bun/asp)

Tinggalkan Balasan