Azzurri Ingin Sempurna

ROMA – Italia sudah memastikan tiket Euro 2016. Namun status mereka sebagai juara Grup H babak kualifikasi baru akan ditentukan saat menjamu Norwegia di Olimpico Roma, dinihari nanti. Pelatih Antonio Conte sudah mematok target yang mutlak diwujudkan para pemainnya, yakni lolos dengan status sebagai juara Grup H.

Italia
ISTIMEWA

BERPELUKAN: Para pemain Italia saat merayakan gol kemenangannya.

Italy, finalis Euro 2012 lalu, memastikan melaju ke Prancis 2016 setelah menghajar Azerbaijan dengan skor 3-1. Ketiga gol Gli Azurri dicetak oleh Eder, Stephan El Shaarawy dan Matteo Darmian. Kemenangan itu membawa Italia ke puncak klasemen Grup H dengan keunggulan dua poin dari peringkat dua Norwegia.

Meski sudah mengantongi tiket Euro 2016, Conte langsung membantah jika timnya nanti tidak akan tampil serius saat menjamu Norwegia yang masih membutuhkan kemenangan untuk mengamankan tiket otomatis. ”Kami akan memberikan hormat tertinggi kepada Norwegia. Di Roma nanti, ini akan menjadi pertandingan hebat,” kata Conte

”Kami tak boleh kekurangan ambisi karena itulah yang kami butuhkan untuk terus maju dan finish di depan tim-tim lain,” lanjut Conte. ”Tentu saja kami tahu ada tim lain yang lebih siap mengangkat trofi, tapi itu tak boleh membuat kami ketakutan dengan bakat yang ada dan jika kami bermain sebagai tim, kami bisa meraih hal-hal hebat,”imbuhnya.

Juara grup tak hanya akan mendongkrak kepercayaan diri para pemain dalam menyambut turnamen yang sebenarnya. Posisi itu juga akan membuat Italia terhindar dari peluang bertemu dengan tim kuat seperti Spanyol, Inggris dan tuan rumah Prancis. Hal inilah yang membuat Conte menginstruksikan anak asuhnya untuk tampil serius.

Di sisi lain, Norwegia akan terbang ke Roma dengan modal kemenangan 2-0 dari Malta. Meski tampil dominan dan menawan, tim besutan Robert Prosinecki ini dipastikan akan kesulitan mengulang penampilan itu mengingat mereka dibebani oleh kewajiban meraih tiga poin untuk memastikan lolos otomatis ke Euro 2016.

Norwegia masih harus mengalahkan Italia, tim yang tak pernah mereka kalahkan sejak 2000. ”Sangat mungkin Italia akan tampil lebih santai setelah memastikan tiket Euro 2016, tapi mereka tak akan memudahkan langkah kami,” kata Prosinecki yang dipastikan tak bisa menurunkan kapten tim Per Ciljan Skelbred yang mengalami cedera.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan