oleh

Pemkab Desak Perusahaan Tanggung Jawab

 

SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung akan ikut memantau adanya kerusakan puluhan rumah di Kampung Babakan sadang, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, yang mengalami retakan akibat aktivitas penambangan yang dilakukan PT Bumi Kalimantan Lestari (BKL). Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan SKPD terkait akan diterjunkan untuk melihat kondisi rumah yang berada di kawasan pertambangan tersebut.

Rumah Rusak
Yully hidayat/bandung ekspres

RUMAH RETAK: Warga menunjukkan kondisi rumah mereka yang rusak dan retak akibat aktivitas pertambangan.

Kerusakan rumah tersebut sangat parah hingga bagian rumah seperti dinding dan lantai amblas hingga 10 sentimeter. Diduga kerusakan rumah ini akibat aktivitas penambangan batu dan distribusinya menggunakan kendaraan berat yang melebihi kapastitas. Truk melintasi pemukiman penduduk dalam kurun waktu dua tahun.

Bupati  Bandung Dadang M Naser mengatakan, dirinya baru mengetahui kabar tersebut dari media. Sehingga perlu melakukan peninjauan terlebih dulu. Meski lokasi penambangan ini berada di wilayahnya namun prosedur izin untuk sektor penambangan merupakan kewenangan Pemprov Jabar.

”Kami harus berkomunikasi dulu dengan Pemprov pasca keluhan warga. Langkah tersebut untuk memeriksa legalitas izin yang dimiliki dari aktivitas penambangannya,” kata Dadang kemarin (9/10).

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga