Momen Unjuk Kekuatan

BRAGA – Portugal hanya butuh satu poin untuk memastikan lolos ke Euro 2016 di Prancis. Namun bek Portugal Bruno Alves ingin timnya meraih kemenangan saat menjamu Denmark Estadio AXA, Braga, dinihari nanti. Alves menilai kemenangan dari Denmark punya arti sangat penting, yakni sebagai sinyal keseriusan Portugal menyambut Euro 2016.

”Melawan Denmark adalah momentum yang baik bagi kami untuk menunjukkan kualitas tim yang sesungguhnya. Kami bertekad meraih hasil bagus. Kami sudah berpengalaman menghadapi Denmark, tapi hal terpenting adalah kami harus fokus pada diri sendiri,” kata Alves seperti dilansir Four Four Two.

Kemenangan dari Denmark akan memastikan Portugal finish sebagai pemuncak klasemen Grup I. Di sisi lain, peringkat dua Denmark yang hanya unggul satu poin saja dari peringkat tiga Albania, dipastikan akan berjuang mati-matian untuk meraih kemenangan guna menjaga jarak dari Albania.

Denmark sendiri punya catatan cukup bagus selama babak kualifikasi. Tim asal Skandinavia ini tak pernah menelan kekalahan dalam empat laga terakhir kualifikasi. Gawang Denmark bahkan tidak pernah dalam tiga laga diantaranya. Satu-satunya hal yang harus diperbaiki pelatih Denmark adalah kemampuan barisan depannya dalam menciptakan dan memaksimalkan peluang di depan gawang.

”Kami harus jujur dan mengakui bahwa kami tak banyak menciptakan peluang gol. Melawan Armenia kami hanya mencatat satu tendangan ke arag gawang di sepanjang babak kedua. Itu sangat sedikit,” kata striker Denmark Nicklas Bendtner yang kini bermain untuk Wolfsburg.

”Sisi positifnya adalah kami berhasil mencatat clean sheet (tidak kebobolan) dalam tiga laga terakhir. Kami melakukan hal yang benar di barisan pertahanan. Sekarang saatnya kami bermain lebih ofensif,” Bendtner menambahkan.

Portugal berhasil mengalahkan Denmark pada pertemuan pertama kualifikasi di Kopenhagen, Oktober tahun lalu. Gol kemenangan itu dilesakkan oleh Cristiano Ronaldo di pengujung pertandingan. Itulah satu-satunya kekalahan yang dialami Denmark di kualifikasi Grup I.

Berkaca dari pengalaman tersebut, para pemain Denmark dituntut fokus dan konsentrasi penuh di sepanjang pertandingan. Ronaldo masih akan menjadi ancaman utama yang harus diredam barisan belakang Denmark. Tetapi Portugal tak semata bertumpu pada Ronaldo. Masih ada pemain lain yang tak kalah berkualitas seperti Joao Moutinho, Miguel Veloso, dan Ricardo Quaresma.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan