Personel Damkar se-Indonesia Update Pengetahuan

SOREANG – Petugas pemadam kebakaran (Damkar) se-Indonesia sedang melakukan pelatihan terkait dengan kualitas dan kapabilitasnya di Kabupaten Bandung.
Kepala UPTD Damkar Soreang Handi Kurniawan mengatakan, Damkar Soreang merupakan salah satu lokasi pelatihan yang diberikan kewenangan untuk mengelola pelatihan yang diberikan Depdagri.
”Tujuannya peningkatkan kualitas aparatur pelaksana pemadam kebakaran yang mengikuti pelatihan di sini. Pesertanya se-Indonesia yang dilaksanakan sejak Minggu lalu hingga Sabtu besok (hari ini),” terangnya.
Pelaksana pemadam kebakaran, lanjut Hendi, diberikan wawasan dan pengetahuan di gedung milik Damkar kabupaten Bandung. Gedung tersebut kini telah dipergunakan karena memang sangat layak difungsikan untuk pelatihan.
”Dalam pelaksanaan pelatihan ini kami berharap pelaksana pemadan kebakaran ini mendapatkan ilmu tentang kualitas kinerja Damkar. Sebab, dalam pelatihan damkar dua itu seluruh personel dibekali ilmu tentang pengenalan SCBL, Fire Ground,” paparnya.
Dia merinci, ada beberapa pelatihan lain yang diikuti. Di antaranya penyelematan di gedung tingkat tinggi serta water resque.
”Jadi tidak sekadar nyali, tapi ada tekniknya untuk menjinakkan api,” ungkapnya.
Salah satu peserta pelatihan Asep mengaku, senang dengan pelatihan yang digelar. Selain menjalin hubungan silaturahmi sesama petugas Damkar juga mendapatkan ilmu untuk peningkatan kualitas petugas damkar di lapangan.
”Maka kami dituntut untuk memiliki kualitas yang bagus. Dengan mengikuti bimtek ini saya jamin para peserta yang ikut ini akan memiliki bekal pengalaman yang luas untuk kinerja para pemadan api ini,” katanya. (gun/rie)

Tinggalkan Balasan