Gratis Tiga Hari Potong Daging

ANDIR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) menyediakan fasilitas pemotongan gratis selama hari tasrik. Hal tersebut diungkapkan Kepala Distan Kp Kota Bandung, Elly Siti Wasliyah untuk menyambut Hari Idul Adha.

Pemeriksaan kesehatan daging dan hati
Fajri Achmad NF / Bandung Ekspres

TELITI HATI: Petugas kesehatan Dinas Peternakan (Disnak) Jawa Barat memeriksa kesehatan hewan kurban di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Kota Bandung, Kamis (24/9). Pemeriksaan ini dilakukan sebagai upaya menghindari hewan kurban yang terjangkit penyakit.

Pihaknya memberikan keringanan pada masyarakat yang ingin memotong hewan dengan jenis sapi untuk dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom, tanpa dipungut biaya.

”Kalau kambing mungkin masih bisa disembelih di kawasan warga, karena ukurannya kecil. Kalau di sini kami menyediakan fasilitas dan ruangan untuk pemotongan sapi, sampai tahapan pemisahan kulit dan daging, hanya sampai itu,” papar kata dia kepada wartawan saat ditemui di Kantornya di Jalan Arjuna Bandung kemarin (24/5).

Biasanya untuk fasilitas pemotongan bagi warga yang akan menggunakan hal tersebut dipungut biaya Rp 30.000. Elly menjelaskan, ratusan sapi yang dipotong pihaknya dari seusai salat Ied Ied, merupakan titipan warga. Sebab, mengetahui di RPH Ciroyom sistem pemotongan dan pengulitannya dilakukan cepat oleh tukangnya yang memang ahli menyembelih.

Sementara itu, untuk tim pantauan Distan KP yang dikirim ke berbagai daerah untuk memeriksa kondisi daging kurban sudah mulai bergerak. Tim tersebut berisi 47 orang yang secara giliran mendapat tugas untuk mengunjungi mesjid dan memeriksa kualitas daging, terutama hati sapi.

”Tim Posmortem bergerak ke berbagai mesjib besar di Kota Bandung, mereka nanti keliling karena jumlah yang memeriksa tidak sebanding dengan jumlah masjid yang mencapai 4.000,” terang dia.

Mengenai kurangnya jumlah tim Posmortem, Elly mengatakan sudah mempersiapkan tim ahli di setiap Dewan Keluarga Masjid (DKM). Sebelum Hari Idul Adha, pihaknya telah melahih tiga angkatan DKM untuk mempelajari cara memeriksa daging kurban yang sehat.

”Sepuluhhari pemeriksaan, 14 september 23 september. Pemeriksa tim kesehatan Posmortem 74 sampai minggu hari tasrik. Tiga angkatan itu terdiri dari 150 orang yang sudah dilatih untuk memeriksa kondisi daging sapi. Terutama untuk hati, yang biasanya kalau yang gak sehat itu ada rongga yang berisi cacing,” kata dia.

Tinggalkan Balasan