Gratis Tiga Hari Potong Daging

Mengenai hal itu, pihaknya mengaku untuk jenis hati sapi yang terkena cacing tidak harus semua bagiannya dibuang. Cukup dengan memotong bagian yang berongga atau terdapat cacing, dan sisanya bisa dikonsumsi secara normal. ”Kalau untuk pelatihan juga kita sediakan 350 keping CD sebagai bahan pembelajaran mengenai sistem dan cara untuk memeriksa hewan dan daging,” ujar dia.

Sementara itu, Elly menjelaskan berdasarkan data 2014, ternak kurban 2014, untuk jenis sapi ada 7.857 ekor kemudian, domba ada 1.718 ekor.

”Jumlah hati api yang diafkir ada cacing sapinya 155,4 kilogram. Sedangkan hati domba yang diafkir ada 31 kilogram ada yang terperiksa,” ujar dia.

Sementara itu di lokasi lain, Wali Kota Bandung, Oded M Danial meminta kepada seluruh panitia pembagian daging kurban untuk menjemput bola. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

”Saya minta panitia agar bisa jemput bola lebih baik. Artinya di antar kepada yang berhak, tidak usah ngantri. Karena kita juga harus memuliakan yang miskin,” ujar Oded saat ditemui usai melaksanakan solat Idul Adha berjamaah di Masjid Raya Bandung, kemarin.

Dengan menjemput bola, diharapkan pelaksanaan pembagian daging kurban ini bisa berjalan dengan aman dan tertib. Sehingga, masyarakat bisa merasakan hikmah dari berkurban yang sesungguhnya.

”Saya juga mengimbau kepada seluruh panitia kurban hari ini agar mereka dalam pelaksanaan kurban ini menjaga ketertiban. Kalo tertib kan hikmah ibadah haji ini bisa kita rasakan,” ucap dia.

Selain itu, lanjut Oded, pihaknya juga meminta kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait untuk menyampaikan perihal teknis penyembelihan yang baik. Sehingga, pada pelaksanaan kurban sesuai dengan syariat Islam.

Oded mengaku, sejauh ini pegawai negeri sipil (PNS) lingkungan Pemerintah Kota Bandung cukup banyak yang menunaikan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

”Sebelumnya kita sudah meminta kepada seluruh PNS di Kota Bandung khususnya mereka harus berkurban. Alhamdulillah, cuma sekarang kami belum menginventarisir berapa jumlahnya. Biasanya di belakang ada laporan berapa yang berkurban,” ungkap Oded. (fie/rie)

Tinggalkan Balasan