Cimahi Ternyata Termasuk Kota Sehat

[tie_list type=”minus”]Kembali Masuk Verifikasi[/tie_list]

DEMANG HARDJAKUSUMA – Dari 107 Kabupaten/Kota di Indonesia yang diverifikasi, Kota Cimahi menjadi salah satu kota yang masuk dalam verifikasi Kota Sehat Nasional (Swasti Saba Wistara).

Ketua tim verifikasi dari Kementerian Kesehatan, Sofwan menuturkan, pihaknya datang ke Cimahi untuk memverifikasi pemberian penghargaan penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat Nasional yang diadakan setiap 2 tahunan. Menurutnya, Kota Cimahi tercatat sebagai salah satu dari 21 Kabupaten/Kota yang diverifikasi.

”Jika lolos verifikasi, penghargaan akan diberikan pada hari Kesehatan Nasional yang jatuh 12 November 2015 mendatang,” kata Sofwan di komplek perkantoran pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusuma kemarin (7/9).

Dilanjutkan Sofwan, kegiatan kota sehat ini berkaitan dengan pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat. Dengana lasan tersebut, maka semua pembangunan di Cimahi harus berbasis masyarakat.

”Kota Cimahi ini banyak tatanan yang berbasis masyarakat, dan semua sudah berjalan. Tinggal apakah kegiatan itu kental dengan pemberdayaan pada masyarakat atau tidak, makanya kita akan lihat langsung ke lapangan,” tuturnya.

Untuk menjadi kota sehat, lanjut dia, sebenarnya pemerintah hanya memfasilitasi, karena masyarakat yang bergerak. Oleh karena itu tiap Kabupaten/Kota ada forum kota sehat yang di dalamnya ada masyarakat.

”Forum itu nantinya sebagai fasilitator. Di mana apa yang dibutuhkan masyarakat akan disampaikan langsung pada pemerintah,” tambahnya.

Sofwan melanjutkan, untuk mendapat penghargaan Swasti Saba Wistara tersebut, Kota Cimahi harus memiliki lebih dari lima dari sembilan tatanan. Cimahi, kata dia, saat ini sudah mempunyai enam tatanan, namun kurang tiga tiga tatanan: tatanan kehutanan, tambang dan pariwisata.

Sementara tatanan yang sudah dimiliki antara lain tatanan permukiman, masyarakat sehat mandiri, ketahanan pangan, kehidupan sosial, tertib lalulintas dan trasportasi, serta kawasan industri dan perkantoran yang sehat. ”Tatanan ini harus berkesinambungan, buka hanya saat diverifikasi saja,” terangnya.

Seperti diketahui, Kota Cimahi pernah mendapatkan penghargaan tingkat nasional Swasti Saba Wistara pada 2013 lalu. Penghargaan tertinggi kategori kota sehat ini dan, diterima langsung Wali Kota Cimahi Atty Suharti.

Menurut Atty, penghargaan tersebut merupakan tugas berat bagi Cimahi untuk dipertahankan. Dalam pelaksanaannya, diperlukan kerja sama antara pemerintah dan Forum Kota Sehat dengan melibatkan peran serta dari semua lapisan masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan